Other

Tingkatkan Capaian Pelayanan KB, OPD-KB Lakukan MOU dengan Fasilitas Kesehatan

img title

Petroenergy.id, JAKARTA - Untuk mendukung program KB, pemerintah telah menyediakan anggaran melalui Dana Alokasi Khusus Sub Bidang KB baik fisik, maupun DAK non fisik (BOKB).

Melalui DAK fisik tahun 2021, disediakan menu sarana penunjang pelayanan KB yang ditujukan untuk mendukung pelayanan KB MKJP (Metode Kontrasepsi Jangka Panjang) di mana alat dan obat kontrasepsinya telah disediakan BKKBN.

Dalam BOKB juga terdapat dukungan biaya operasional pelayanan KB. Juga terdapat menu untuk dukungan operasional stunting serta berbagai dukungan operasional lainnya untuk program Bangga Bencana.

Hal ini menjadi kekuatan bagi pelaksanaan program Bangga Kencana di tingkat lini lapangan yang harus dioptimalkan pelaksanaannya.

Data serapan DAK sub Bidang KB secara nasional sampai Juli (triwulan II) tahun 2021 masih rendah. DAK Fisik sebesar 4,84% (Aplikasi Morena) dan BOKB sebesar 15,14% (Aplikasi Morena). Hal ini memerlukan penanganan dan koordinasi antara pengampu DAK di BKKBN Pusat, Perwakilan BKKBN Provinsi dan OPD KB Kabupaten/Kota.

Selain itu, cakupan pemakaian kontrasepsi modern juga masih rendah yaitu 57,2% (SDKI 2017), tingginya kehamilan yang tidak diinginkan sebesar 20,3% (proksi capaian SKAP 2020), serta masih tingginya angka stunting di Indonesia sebesar 27,7% (SSGBI 2019).

Maka, perlu dilakukan antisipasi masalah/kendala yang dihadapi di lapangan melalui monitoring dan evaluasi serta langkah-langkah percepatan secara bersama.

Salah satu upaya percepatan tersebut adalah melalui penandatanganan Kesepahaman Bersama antara OPD-KB Kabupaten/kota dengan fasilitas kesehatan yang melakukan pelayanan KB.

Dalam melakukan penyelenggaraan pelayanan KB, seluruh fasilitas kesehatan tersebut telah teregister dalam Sistem Informasi Manajemen (SIM) BKKBN sehingga dapat didukung melalui anggaran DAK Sub Bidang KB.

Kepala BKKBN, dr. Hasto Wardoyo, mengungkapkan bahwa pemerintah pusat bersama BKKBN memberikan kesempatan agar pelayanan masyarakat mudah, dekat dan terjangkau.

Hal itu dikatakannya saat memberikan arahan pada Pertemuan Penandatanganan Kesepahaman Bersama antara OPD KB Kabupaten/Kota dan Fasilitas Kesehatan yang dilakukan dalam empat tahap regional secara daring, Selasa (21/9).

Menurut ahasto, anggaran yang sudah disiapkan oleh BKKBN itu tadinya di alokasikan melalui tingkat provinsi. Namun sekarang lembaga ini mengalokasikan dananya ke tingkat kabupaten/kota.

BKKBN menggelontorkan dana DAK dan BOKB ini untuk pelayanan masyarakat yang tidak mampu agar bisa dilayani dengan baik di beberapa titik.

”Hal seperti ini kita harus bekerjasama dengan fasilitas kesehatan baik negeri dan swasta serta wajib ada MOU atau perjanjian bagaimana memberikan pelayanan kepada masyarakat di tengah pandemi seperti ini."

"BKKBN juga mencoba untuk memudahkan anggaran medis seperti bidan dan dokter sudah termasuk di anggaran BOKB nya," ujar Hasto.

Melalui kegiatan Penandatanganan Kesepahaman Bersama Antara OPD-KB Kabupaten/Kota dengan Fasilitas Kesehatan, diharapkan capaian pelayanan KB akan meningkat, keberlangsungan pemakaian kontrasepsi bagi PUS (Pasangan Usia Subur) tetap terjaga serta beberapa target sasaran strategis BKKBN dapat diwujudkan.

Kegiatan penandatanganan kesepahaman tersebut tetap mempertimbangkan pendekatan budaya kearifan lokal serta memperhatikan protokol pencegahan penyebaran COVID-19 yang berlaku.

Seiring dengan itu, diharapkan Keluarga Berkualitas dan Pertumbuhan Penduduk yang Seimbang dapat diraih bersama guna mendukung tercapainya Visi Presiden dan Wakil Presiden RI untuk Terwujudnya Indonesia Maju Yang Berdaulat, Mandiri, dan Berkepribadian Berlandaskan Gotong-Royong.

Acara penandatanganan ini dilaksanakan secara daring dan bertahap selama dua hari dengan pembagian Regional 1 terdiri atas tujuh provinsi dan 128 kab/kota, Regional 2 terdiri atas 10 provinsi dan 154 kab kota, Regional 3 terdiri atas delapan provinsi dan 114 kab/kota dan Regional 4 terdiri atas delapan provinsi dan 118 kab/kota. [san]

ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small

Job Posting

No job posted

Oil Price

Exchange Rate

All Category