Oil & Gas

Petronas Sail Away Konstruksi Jacket Proyek Bukit Tua Fase 2B

img title

 

             

                                                         

petroenergy.id, Jakarta – Proyek Bukit Tua Fase 2B mendapatkan kemajuan berarti ketika Petronas Ketapang II Ltd sebagai operator wilayah kerja Ketapang berhasil menyelesaikan pembangunan konstruksi jacket, sebagai salah satu komponen utama pembangunan Anjungan Lepas Pantai BTJT-B Platform.

Konstruksi Jacket dibangun di galangan kapal dalam negeri di Bintan Yard, dan telah dimuat ke atas kapal tongkang pada tanggal 27 Januari 2021. Pelepasan kapal tongkang yang membawa konstruksi Jacket dilakukan secara resmi pada tanggal 10 Februari 2021, disaksikan secara virtual oleh Deputi Operasi SKK Migas, Julius Wiranto, Kepala Divisi Manajemen Proyek dan Pemeliharaan Fasilitas SKK Migas Luky Yusgiantoro, VP Group Project Delivery Petronas Noor Ilias Mohd Idris,  beserta Manajemen PETRONAS Indonesia dan juga perwakilan manajemen kontraktor pelaksana.

Deputi Operasi SKK Migas Julius Wiratno, menyampaikan apresiasi atas capaian tahapan penting proyek Bukit Tua Fase 2B. “Selamat atas keberhasilan Petronas melewati salah satu fase penting dalam proyek Bukit Tua Fase 2B, sehingga diharapkan proyek ini dapat onstream seperti yang telah dijadwalkan, yaitu pada bulan November 2021 sehingga diharapkan juga dapat memberikan tambahan produksi migas nasional”.

Dalam catatan SKK Migas, progress proyek telah mencapai 49 persen dari target. Tidak hanya progress proyek yang sesuai waktu, capaian positif lainnya adalah pengerjaan proyek ini telah berlangsung selama 1,4 juta jam kerja tanpa kecelakaan kerja, sehingga tidak ada waktu yang hilang dan dapat dijaga pada biaya proyek yang efisien. “Kami berharap, Petronas dapat mempertahankan capaian ini sampai proyek ini onstream”, ujar Julius.

Berdasarkan rencana proyek, pengembangan Bukit Tua Fase 2B diharapkan dapat meningkatkan produksi minyak menjadi 12.500 barrel oil per day (BOPD). Sedangkan target pengaliran gas pipa 30 juta standar kaki kubik per hari (MMscfd).

Konstruksi jacket selanjutnya diangkut dengan menggunakan kapal yang akan berlayar dari Bintan menuju lapangan Bukit Tua di utara pulau Madura untuk dilakukkan pemasangan di laut pada kedalaman kurang lebih 60 meter. Berat konstruksi Jacket tersebut mencapai 1.500 ton yang akan dipasang mempergunakan Derrick Lay Barge.

Saat ini Petronas juga dalam fase pengerjaan struktur atas atau Topside dari konstruksi Anjungan Lepas Pantai BTJT-B yang saat ini masih dalam tahap penyelesaian konstruksi di tempat yang sama. Rencananya Topside tersebut akan mencapai penyelesaian pekerjaan konstruksi di bulan Mei 2021 untuk selanjutnya akan dipasang diatas konstruksi jacket pada bulan Juni 2021, untuk kemudian dilanjutkan dengan kegiatan pengeboran.(MK)

 

 

 

 

ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small

Job Posting

No job posted

Oil Price

Exchange Rate

All Category