Energy

Perusahaan Batubara Mulai Lakukan Ekspor Kembali

img title

Petroenergy.id, JAKARTA -- Tak sampai dua pekan setelah pemerintah menetapkan larangan ekspor batubara, kebijakan itu akhirnya dicabut per Senin (10/1/2022). Hari ini, Rabu (12/1/2022), kegiatan ekspor batubara sudah mulai dilakukan secara bertahap, meski menyisakan pertanyaan banyak pihak.

 

Sejatinya, larangan ekspor batubara ditetapkan pemerintah mulai 1 Januari 2022 hingga 31 Januari 2022. selama satu bulan. Namun begitu, sejumlah perusahaan batubara yang telah melakukan kewajiban Domestic Market Obligation (DMO) 25% sepanjang 2021 tetap melakukan ekspor, seperti yang terjadi di Kalimantan.

 

Ketentuan DMO batubara tertuang dalam Keputusan Menteri ESDM No 139.K/HK.02/MEM.B/2021. Ketentuan itu mengatur kewajiban pelaku usaha untuk memasok 25 persen dari total produksi batubaranya untuk kebutuhan dalam negeri.

 

Kebijakan larangan ekspor batubara diambil pemerintah lantaran PT PLN kekurangan pasokan batubara untuk pembangkitnya. Menurut Ditjen Mineral dan Batubara (Minerba), hampir 20 Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) dengan daya sekitar 10.850 mega watt (MW) akan padam.

 

Dampaknya, 10 juta pelanggan PLN terancam. Mulai dari masyarakat umum hingga industri, di wilayah Jawa, Madura, Bali (Jamali) dan non-Jamali.

 

Di tengah penyampaian larangan itu pada awal Januari 2022, Direktur Jenderal Minerba, Kementerian ESDM, Ridwan Djamaludin, memang menandaskan bahwa
pemerintah akan melakukan evaluasi atas larangan itu setelah 5 Januari 2022.

 

Tak sampai dua pekan, kebijakan larangan ekspor itu pun dicabut pemerintah.

 

Desakan dari dalam negeri, khususnya oleh pengusaha batubara dan Asosiasi Pertambangan Batubara Indonesia (APBI-ICMA), ditengarai menjadi sebab mengapa kebijakan pencabutan larangan ekspor dicabut.

 

Langkah itu diambil juga akibat adanya protes negara-negara importir batu bara Indonesia atas kebijakan tersebut. Protes datang dari Jepang, Korea Selatan hingga Filipina. [hardjo]

ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small

Job Posting

No job posted

Oil Price

Exchange Rate

All Category