Oil & Gas

Pertamina EP Tanjung Field gelar Pelatihan Pembuatan Probiotik di Desa Kapar

img title

Petroenergy.id, TANJUNG - PT Pertamina EP Tanjung Field (PEP Tanjung Field), yang merupakan bagian dari Zona 9 Regional Kalimantan Subholding Upstream melaksanakan Pelatihan “Pembuatan Probiotik untuk Budidaya Perikanan” bagi Kelompok Mitra Binaan PERISAKTI dan masyarakat Desa Kapar, Kecamatan Murung Pudak, Kabupaten Tabalong, Provinsi Kalimantan Selatan, bertempat di Gedung Mutiara Patra, Senin (07/06). Kegiatan tersebut merupakan bagian dari Program Pusat Pembudidayaan Perikanan Kapar Inovatif (Perisakti), salah satu kegiatan tanggungjawab sosial perusahaan (CSR) PEP Tanjung Field tahun 2021.

 

Pelatihan yang berlangsung secara tatap muka ini dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Sebelum masuk ruangan, peserta dan tamu undangan diwajibkan mencuci tangan dan dicek suhu tubuh oleh petugas medis serta menerapkan protokol kesehatan selama acara berlangsung hingga selesai.

 

Dalam sambutan Camat Murung Pudak, yang diwakili oleh Pejabat Sementara (Pjs) Kepala Desa Kapar, Markuni, menyampaikan apresiasi kepada PEP Tanjung Field yang telah mengadakan kegiatan pelatihan tersebut. Dia berharap supaya ada lebih banyak kegiatan CSR lainnya yang melibatkan masyarakat ring I khususnya Desa Kapar. Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Tabalong, Mohamad Mugeni, yang juga memberikan sambutan selain menyampaikan apresiasi kepada PEP Tanjung Field yang telah melibatkan Dinas Perikanan Kabupaten Tabalong dalam pelatihan ini juga berharap program ini dapat dikembangkan lebih jauh. “Kami berharap program Perisakti dapat terus dikembangkan dengan pelatihan pengolahan hasil pasca panen budidaya ikan biofloc menjadi oleh-oleh khas Tabalong,” kata Mugeni.

 

Tanjung Field Manager, Sigid Setiawan yang membuka kegiatan pelatihan berharap ada lebih banyak anggota masyarakat yang tertarik dengan budidaya ikan biofloc dan bergabung dalam program Perisakti sehingga program ini dapat berlanjut. Beliau mendukung program Perisakti karena program ini turut berkontribusi dalam mewujudkan tujuan pembangunan berkelanjutan (Sustainable Development Goals/SDGs) pada tujuan 6 yaitu insentif penghematan air pertanian atau perkebunan atau industri dan tujuan 2 yaitu nilai tambah pertanian dibagi jumlah tenaga disektor pertanian.

 

“Program Perisakti merupakan program CSR bidang lingkungan yang menerapkan konsep Zero Waste dimana air sisa buangan biofloc dapat digunakan sebagai tambahan nutrisi organik pada tanaman. Program ini diharapkan dapat menjadi fasilitas edukasi masyarakat Tabalong khususnya Desa Kapar dalam budidaya perikanan dengan sistem biofloc,” tuturnya.

 

Pelatihan diberikan dalam 2 sesi dengan instruktur dari Tenaga Teknis Pembenihan Ikan dari Dinas Perikanan Kabupaten Tabalong. Untuk sesi pertama yaitu Teori Dasar dan Cara Pembuatan Probiotik disampaikan oleh Pras Gilang Pramadan. Sesi kedua adalah praktek yang dibimbing oleh Anugrah Hasriani. Kegiatan pelatihan ditutup dengan foto bersama dan pembagian sertifikat serta 1 botol probiotik sebagai hasil belajar masing-masing. [babeh/phepertamina]

ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small

Job Posting

No job posted

Oil Price

Exchange Rate

All Category