Business

Misi Go Green, Pertamina Internasional [EP] Sukses Gunakan Base Fluid SF-05 di Algeria

img title

Petroenergy.id, JAKARTA - PT Pertamina Internasional Eksplorasi dan Produksi (PIEP) sebagai Regional Internasional berkomitmen menerapkan aspek-aspek Health, Safety, Security and Environment (HSSE) dalam menjalankan seluruh proses bisnisnya. Salah satu poin yaitu ‘lingkungan’ atau environment merupakan salah satu aspek yang menjadi perhatian PIEP dan anak perusahaannya dalam menjalankan kegiatan operasi di lapangan.

Memiliki wilayah kerja operasi yang berada di luar negeri, PIEP memiliki tantangan tersendiri dimana harus melakukan penyesuaian di negara-negara tertentu agar Good Corporate Governance (GCG) tetap terjaga. Bermula dari adanya aturan penghapusan lumpur pemboran berbasis diesel di Algeria, PIEP memiliki solusi untuk mengantisipasi aturan tersebut yaitu dengan menggunakan Produk SF-05 sebuah produk ‘Pertamina Base Fluid’ yang ramah lingkungan untuk diterapkan dalam kegiatan pemboran di Lapangan MLN-405, Algeria.

Penggunaan SF-05 ini memiliki beberapa dampak yang positif, diantaranya melindungi ‘Albian Formation’ yang merupakan sumber air di Afrika Utara serta melindungi pekerja dari penggunaan lumpur berbasis diesel yang apabila digunakan secara jangka panjang dapat menimbulkan leukemia, Alzheimer, tumor dan juga kanker. Keuntungan lainnya dari segi operasional, SF-05 memiliki spesifikasi ‘low aromatic’ dan juga ‘non-toxic’, performanya pun terbukti pada pemboran High Pressure High Temperature (HPHT), Offshore and deep water.

Keberhasilan perwira PIEP dalam menggunakan produk SF-05 sebagai pengganti oil-based mud diapresiasi dengan baik oleh Pemerintah Algeria dalam penerapan teknologi baru. “Melalui penggunaan produk SF-05 untuk pemboran di Algeria, hal ini membuktikan sinergi anak perusahaan yang luar biasa di kancah Internasional,” ungkap John Anis, Direktur Utama PIEP.

PIEP selaku anak perusahaan Subholding Upstream memiliki komitmen untuk menjaga ketahanan energi Nasional melalui wilayah kerja operasi di luar negeri dengan hasil produksi minyak dan gas YTD 2021 sebesar 153.595 BOEPD.

Khairul Saleh selaku Manager Relations PIEP menegaskan bahwa seluruh perwira PIEP sebagai salah satu anak perusahaan Subholding Upstream memiliki kesadaran dan pemahaman yang tinggi dalam memegang amanat untuk terus menjunjung nilai-nilai HSSE dalam seluruh proses bisnisnya di luar negeri. [mk]

ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small

Job Posting

No job posted

Oil Price

Exchange Rate

All Category