Energy

Jelang Lebaran, PGN Antisipasi Peningkatan Permintaan Gas Rumah Tangga dan Kelistrikan

img title

Petroenergy.id, JAKARTA - PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGAS), Subholding Gas Pertamina, menegaskan pasokan gas untuk para pelanggan di berbagai sektor aman. PGN  memprediksi akan ada peningkatan konsumsi gas pada beberapa sektor konsumen.

M. Haryo Yunianto, Direktur Utama PGN, mengatakan di tengah situasi pandemi dan kebijakan tidak mudik dari pemerintah dalam rangka pencegahan penyebaran COVID-19, PGN tetap mengantisipasi peluang lonjakan konsumsi gas bumi, khususnya untuk pelanggan jargas. “PGN melayani pelanggan rumah tangga PGN sampai saat ini telah lebih dari 490 ribu SR dengan pemakaian gas rata-rata rumah tangga sebanyak 15 m³ per bulan nasional,” kata Haryo, Kamis (6/5).

Menurut dia, PGN telah memprediksi bahwa jumlah pasokan gas di sektor kelistrikan akan meningkat pada periode 10-15 Mei 2021, seiring dengan menurunnya permintaan gas dari sektor lain selama Lebaran. Selain itu, ada juga kebutuhan gas di sektor UMKM, industri, dan komersial. Pengoperasian 11 SPBG dan 4 MRU juga tetap berjalan normal.

PGN memastikan bahwa kondisi supply gas sampai saat ini aman untuk seluruh sektor pelanggan, dengan status asset dan operasional dalam kondisi aman. “Untuk menjaga keseimbangam supply demand gas kami akan melaksanakan optimalisasi pengaturan pola operasi dari sekitar 12 pemasok diberbagai titik dengan mengintegrasikan infrastruktur pipa maupun non pipa,” kata Haryo.

Haryo menuturkan bahwa koordinasi terus dilakukan secara intensif dengan Tim Operasional baik di jaringan pipa maupun stasiun gas untuk terus memastikan layanan prima. Tim tersebut akan bertugas di wilayah jaringan pipa transmisi di Jawa bagian barat, wilayah jaringan pipa distribusi di Jawa Bagian Barat, Jawa Bagian Timur, Jawa Tengah, Kalimantan dan Sorong. Serta jaringan pipa transmisi-distribusi di wilayah Aceh, Sumatera Utara, Batam, Medan, Pekanbaru, Dumai dan Lampung.

PGN terbagi dengan Sales Operation Region (SOR) yang terbagi menjadi 3 wilayah operasi di Sumatera, Jawa Bagian Barat dan Timur serta 18 area di seluruh Indonesia, operasi dan layanan PGN akan terus bersiaga selama 24/7. PGN menjamin pengendalian pasokan, layanan, infrastruktur dan distribusi gas bumi tetap terjaga aman.

Haryo meminta apabila masyarakat dan pelanggan PGN mengalami masalah atau memerlukan informasi lebih jauh mengenai produk dan layanan PGN, dapat menghubungi Call Center di nomor 1500 645 atau email contact.center@pgn.co.id. Masyarakat juga dapat menghubungi Sales Area terdekat untuk mempercepat penanganan jika mengalami kendala pemakaian gas bumi.

“Ketersediaan dan keamanan distribusi gas menjadi prioritas, agar seluruh segmen pelanggan dapat menikmati manfaat lebih dari gas bumi secara nyata. Di momen saat ini, diharapkan dapat turut menyukseskan peran Satgas RAFI 2021 dalam memberikan pelayanan terbaik untuk pelanggan,” kata Haryo. [babeh/duniaenergi]

ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small

Job Posting

No job posted

Oil Price

Exchange Rate

All Category