Energy

Infrastruktur PJU-TS Hadir, Warga Balaroa Gembira

img title

Petroenergy.id, Balaroa - Auditor Madya Inspektorat Jenderal KESDM, Heriansyah Mewakili Menteri ESDM, Secara simbolis menyerahkan infrastruktur Penerangan Jalan Umum Tenaga Surya (PJU-TS) kepada Pemerintah Kota Palu, Kabupaten Sigi dan Donggala, Kamis, kemarin, (14/2).

Diketahui wilayah Kelurahan Balaroa, Kecamatan Palu Barat menjadi salah satu wilayah terdampak bencana yang melanda Sulawesi Tengah akhir September 2018 silam.

Pasca bencana alam yang melanda waktu itu banyak lampu jalan yang rusak sehingga aktivitas warga menjadi terganggu dan menimbulkan suasana mencekam pada malam hari. Tetapi saat ini kondisi berangsur berubah sejak dibangunnya Penerangan Jalan Umum Tenaga Surya (PJU-TS) oleh Kementerian ESDM di wilayah tersebut.

Salah satu warga Hasnawati, menceritakan perubahan aktivitas masyarakat di wilayahnya. "Kalau dulu, jualan cuman sampai jam 9 malam, semenjak ada lampu jalan ini, saya jualan sampai jam 11 malam," ujarnya.

Manfaat lampu PJU-TS tidak hanya untuk usaha Hasnawati, tetapi juga memberikan kegembiraan tersendiri bagi anak-anak. "Mereka tidak lagi ketakukan jika harus menjalankan aktivitas pada malam hari. Apalagi semenjak bencana, suasana malam di Balaroa ini cukup mencekam", tambahnya.

Rohmansyah selaku kepala desa Balaroa, mengharapkan penambahan bantuan PJU-TS, khususnya di lokasi terjadinya bencana likuifaksi. "Saya berharap wilayah yang terdampak likuifaksi juga bisa dibangun PJU-TS dibeberapa titik, terutama untuk jalan menuju tempat pengungsian warga", tuturnya.

Kedepan untuk pengelolaan dan pemeliharaan Penerangan Jalan Umum Tenaga Surya (PJU-TS) ini akan dipelihara oleh masing-masing Pemerintah Kabupaten.

PJU-TS dibangun di Sulawesi Tengah sebagai bantuan penanganan pasca bencana sebanyak 800 unit, yang dikhususkan bagi lokasi terdampak bencana tsunami dan likuifaksi, yaitu masing-masing 400 titik di wilayah Kabupaten Sigi dan Kabupaten Donggala. [str]

ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small

Job Posting

No job posted

Oil Price

Exchange Rate

All Category