Other

Indonesia Usulkan Pelatihan Kependudukan Internasional

img title

Petroenergy.id, JAKARTA - Dalam kerangka Kerja Sama Selatan-Selatan, Indonesia mengusulkan diadakannya program-program pelatihan internasional bidang kependudukan dan pembangunan yang melibatkan seluruh negara anggota Partner in Population and Development (PPD). Sehingga dapat memberikan dampak langsung dan signifikan bagi negara anggota. 

 

Usulan itu disampaikan perwakilan Indonesia dalam pertemuan Komite Eksekutif  PPD yang ke-35, pada 14 Juli 2021 yang digelar secara virtual.

 

Hingga kini, Indonesia memiliki sejarah panjang dalam Kerja Sama Selatan-Selatan dengan kisah suksesnya menyelenggarakan pelatihan internasional dalam program Pembangunan Keluarga, Kependudukan, dan Keluarga Berencana (Bangga Kencana).

 

Pelatihan internasional ini telah diikuti lebih dari 5000 pejabat dan pelaksana program dari 94 negara. Partisipasi aktif Indonesia di tingkat internasional merupakan suatu aksi nyata dalam mewujukan UUD 1945 dan politik luar Indonesia yang bebas dan aktif. 

 

Saat ini Indonesia menduduki jabatan Bendahara dalam Komite Eksekutif PPD periode 2021-2023. “Ini merupakan partisipasi kedua bagi Indonesia sebagai bendahara dalam Pertemuan Komite Eksekutif PPD,” ujar Prof. Rizal Damanik, Ph.D, Deputi Pelatihan, Penelitian, dan Pengembangan, BKKBN, dalam sambutannya sebagai perwakilan Indonesia di acara pertemuan tersebut.

 

Pada pertemuan tersebut, Indonesia melaporkan perihal pengelolaan keuangan periode Januari - Juni 2021 yang bersumber dari kontribusi negara anggota PPD, United National Populations Fund (UNFPA), International Labour Organization (ILO), Yayasan Gillespie, dan sumber lainnya.

 

PPD terbentuk atas prakarsa di antara pemerintah di kawasan Asia, Afrika, dan Amerika Latin yang memiliki semangat bersama untuk memperluas dan meningkatkan Kerja Sama Selatan-Selatan.

 

Bidang kerjasama itu meliputi kesehatan reproduksi, kependudukan, keluarga berencana, dan pembangunan.

 

PPD sebagai suatu organisasi di tingkat global, menekankan perlunya membangun mekanisme untuk mempromosikan pembangunan bersama melalui berbagi pengalaman terkait isu-isu kerjasama yang disepakati.

 

Pertemuan ke-35 Komite Eksekutif ini telah mengadopsi laporan Ketua Komite Eksekutif, Sekretaris Komite Eksekutif PPD, termasuk laporan keuangan PPD.

 

Pertemuan ini juga menghasilkan kesepakatan tanggal pelaksanaan PPD Annual Meeting yang terdiri dari Komite Eksekutif Meeting ke-36 pada 16 November 2021, Board Meeting 18 November 2021, dan International-inter-Ministerial Meeting ke-18 pada 15, 22, dan 29 November 2021.

 

Disamping itu, optimalisasi, transparansi, serta akuntabilitas anggaran harus dilaksanakan dalam mendukung keberhasilan program kesehatan reproduksi, keluarga berencana, kependudukan dan pembangunan bagi negara anggota PPD. [san]

ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small

Job Posting

No job posted

Oil Price

Exchange Rate

All Category