Oil & Gas

Gas Over Suplai, Mamit Setiawan : Tantangan Pemerintah Ciptakan Demand dan Bangun Infrastruktur

img title

Petroenergy.id, Jakarta - Pengembangan infrastruktur dan penciptaan pasar baru gas domestik merupakan tantangan bagi pemerintah guna memaksimalkan pemanfaatan gas bumi yang saat ini sedang kelebihan pasokan (over supply).

Demikian dikemukakan Mamit Setiawan, Direktur Executive Energy Watch pada webinar yang mengusung tema "Ketahanan Energi dengan Memaksimalkan Pemanfaatan Natural Gas dan LNG Dalam Negeri" di Jakarta, Rabu (22/9).

"Pertama, infrastruktur suatu keharusan. Kedua, penciptaan pasar baru gas domestik. Menurut saya, keduanya ini adalah yang menjadi tantangan bagi pemerintah. Jangan sampai teman-teman di hulu sudah mati-matian memproduksi gas akan tetapi dihilir tidak siap," kata Mamit Setiawan.

Menurutnya, pembangunan infrastruktur gas bumi masih minim. Panjang pipa gas bumi 14.855,50km yang terdiri dari pipa transmusi 5.254,42 km, pipa distribusi 6.163,08 km dan pipa jargas 3.438 km.

Mamit menambahkan, saat ini ada beberapa proyek gas yang akan onstream diantaranya Proyek Jambaran Tiung Biru oleh Pertamina EP Cepu, onstream akhir 2021 dengan produksi 192 mmscfd dan Proyek Tangguh Train III oleh BP Brau onstream tahun 2022 dengan produksi 700 mmscfd.

Mamit mengatakan, proyek-proyek gas yang akan onstream, perlu didukung infrastruktur. "Menurut saya, infrastruktur yang menjadi kendala utamanya," katanya.

Pada sesi tanya jawap dengan para wartawan, Mamit Setiawan, menjelaskan sisi keunggukan gas bumi dibanding energi fosil lainnya. "Industri menilai gas jauh lebih bagus dibandingkan energi posil lainnya. Tapi, mereka mempertanyakan soal kepastian suplai," katanya.

Disamping itu, untuk menciptakan pasar pemerintsh harus sejalan dengan kemauan kalangan industri. Mamit memberikan gambaran bahwa industri menginginkan harga gas yan wajar. "Industri mengingikan harga gas bersaing sehinga itu dapat mengurangi beban usaha mereka," tandasnya.(mk)

 

 

 

 

 

 

ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small

Job Posting

No job posted

Oil Price

Exchange Rate

All Category