Event

Yunus Saefulhak: EBTKE ConEx Bertujuan Sinergikan Pemikiran-Pemikiran Baru

img title

Jakarta, petroenergy.id - Direktur Panas Bumi Direktorat Jenderal Energi Baru, Terbarukan, dan Konservasi Kementerian ESDM, Yunus Saefulhak, mengatakan, event duatahunan EBTKE ConEx antara lain bertujuan untuk mensinergikan pemikiran-pemikiran yang bersifat untuk mempercepatan pengembangan energy baru terbarukan (EBT).

Hal itu disampaikannya pada acara jumpa pers yang berlansung di arena penyelenggaraan EBTKE ConEx 2017 di Balai Kartaini, Jakarta, Rabu (13/9).

Hadir pula dalam jumpa pers itu antara lain Surya Darma, Ketua Masyarakat Energi Terbarukan Indonesia (METI), dan Paul Butarbutar, Ketua Penyelenggara EBTKE ConEx 2017.

“Acara dua-tahunan ‘EBTKE ConEx’ ini bertujuan untuk mensinergikan pemikiran-pemikiran diantara stakeholder guna untuk mempercepat pengembangan energi baru terbarukan,” kata Yunus Saefulhak.

Sementara,  Surya Darma, mengatakan, acara tersebut difokuskan untuk mencari sumber-sumber energi baru terbarukan guna mencapai ketahanan energi nasional.

Disamping itu,  acara ini juga sebagai ajang pengenalan teknologi baru serta penandatanganan  beberapa kesepakatan terkait pengembangan EBTKE, yaitu:

1.Penandatanganan Nota Kesepahaman Bersama antara Direktorat Jenderal Energi Baru, Terbarukan, dan Konservasi Energi dengan Dewan Pengurus Pusat Persatuan Perusahaan Realestat Indonesia tentang Solar Fotovoltaik pada Atap Bangunan Baru Perumahan;

2.Penandatanganan Kerjasama Pendanaan untuk Pengembangan Wilayah Kerja Panasbumi (WKP) antara PT. PLN (Persero) dan PT Sarana Multi Infrastruktur (Persero) tentang Kerja Sama Pengembangan Wilayah Kerja Panas Bumi (WKP);

3.Kerjasama Riset, Pengembangan dan Pemanfaatan Sumber Daya Panas Bumi antara Universitas Indonesia, Universitas Gajah Mada, Institut Teknologi Bandung, Trisakti, PT PLN (Persero), dan PT Geodipa Energi (Persero);

4.Penandatangan kerjasama antara Balitbang Kementerian ESDM dengan China National Petroleum Corporation tentang Percepatan Pengembangan Energi dan Sumber Daya Mineral di Indonesia.

Surya Darma mengharapkan, event EBTKE ConEx ini jug dapat dimanfaatkan oleh kalangan swasta dalam dan luar negeri serta kalangan mahasiswa untuk mengetahui lebih jauh peluang-peluang investasi serta kemajuan teknologi yang dicapai dalam pengembangan energi barudan terbarukan.

Event EBTK ConEx tahun 2017 diikuti sekitar 400 peserta yang berasal dari dalam dan luar negeri, ini berlangsung di Balai Kartini Jakarta, sejak Rabu, 13 hingga 15 September 2017. (mk)

 

ads-small ads-small ads-small ads-small

Job Posting

No job posted

Oil Price

Exchange Rate

All Category