Other

Wiratmaja Puja: Kuota Solar Subsidi Sebesar 16-16 juta

img title

Jakarta, petroenergy.id - Kuota Solar bersubsidi untuk tahun 2017 ditetapkan sebesar 16-16 juta kiloliter (KL). Sementara, kuota Minyak Tanah bersubsidi ditetapkan 0,6-0,69 juta KL.

Rapat kerja (Raker) Badan Anggaran DPR dengan Pemerintah, Rabu (13/7), menetapkan kuota BBM bersubsidi ini, sesuai dengan usulan Pemerintah serta rekomendasi dari Komisi VII DPR.

Sementara, Dirjen Migas Kementerian ESDM IGN Wiratmaja Puja, mengatakan, sejak 16 Juli 2016, subsidi tetap Solar sebesar Rp 500 per liter. Namun, untuk 2017, tergantung pada fluktuasi harga minyak dunia pada saat itu.

“Saat ini Rp 500 per liter. Kita lihat ke depan, kalau harga minyak terlalu tinggi, mungkin bisa naik lagi. Kalau harga seperti sekarang terus, kita tetap usulkan Rp 500,” kata Wiratmaja Puja.

Wiratmaja lebih lanjut mengatakan, apabila jika harga minyak mengalami penurunan di bawah US$ 50 per barel, Pemerintah akan mengusulkan agar subsidi BBM digunakan untuk dana cadangan energi.

Dalam raker tersebut, Dirjen Migas juga memaparkan mengenai kebijakan subsidi BBM tahun 2017 yaitu pertama, melanjutkan pemberian subsidi tetap untuk jenis minyak Solar dan subsidi selisih harga untuk minyak tanah dan Liquied Petroleum Gas (LPG) tabung 3 kg. Kedua, melaksanakan efisiensi dan efektivitas subsidi LPG tabung 3 kg melalui uji coba subsidi tepat sasaran secara langsung.

Dan, ketiga, melanjutkan program konversi minyak tanah ke LPG tabung 3 kg perluasan di wilayah Indonesia bagian Timur  seperti NTB, NTT, Maluku dan Papua. Keempat, mengurangi konsumsi LPG tabung 3 kg, antara lain melalui peningkatan dan pengembangan pembangunan jaringan gas (jargas) kota untuk rumah tangga dan meningkatkan energi baru dan terbarukan untuk transportasi.

Trakhir, kelima adalah meningkatkan peranan pemerintah daerah dalam pengendalian dan pengawasan BBM bersubsidi dan LPG 3 kg. (mk)

 

ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small

Job Posting

No job posted

Oil Price

Exchange Rate

All Category