Global

Wartsila dan PT PP (Persero) Kerjasama Bangun Pembangkit 114 MW

img title

 

Jakarta, petornergy.id -- Sebuah konsorsium Wartsila dan Perusahaan EPC, PT PP (Persero) Tbk, telah menandatangani kontrak kerjasama untuk membuat dua pembangkit listrik modular masing-masing berkapasitas 57 MW. Dua pembangkit listrik milik PT PLN (Persero) ini masing-masing terletak di kota Jayapura dan Kendari.

Wartsila dan PT PP juga akan mengoperasikan dan memelihara pembangkit listrik untuk jangka waktu 5 tahun. "Pembangkit listrik ini akan meningkatkan rasio elektrifikasi di Indonesia timur, dan akan menambah kehandalan untuk sistem yang ada,” kata Frederic Carron, Direktur Regional Wartsila, mengutip situs laman resmi Wartsila, Jumat 23 Desember 2016.

Disini Wartsila akan mensuplai 12 mesin Wartsila 34DF (enam unit per pembangkit listrik). Mesin ini mampu beroperasi pada beberapa bahan bakar, termasuk bahan bakar cair dan gas alam.

Awalnya, pembangkit listrik akan menggunaan bahan bakar diesel untuk tahun pertama. Namun berkat kemampuan multi-mesin bahan bakar Wartsila dan ketersediaan pasokan gas, maka pembangkit bisa dialihkan ke bahan bakar gas alam nantinya.

Pembangkit akan akan menggunakan teknologi Cube Gas Wartsila yang merupakan teknologi pra rekayasa pembangkit listrik modular yang dirancang untuk mencapai berbagai efisiensi.

Dengan gas cube maka waktu instalasi akan singkat dilalkukan. Selain itu mudah dibongkar pasang secara individual di tempat lain jika diperlukan. Pembangkit listrik ini memberikan daya beban-dasar yang fleksibel untuk grid di Indonesia.

"Konsep Cube Gas kami memungkinkan kami untuk memberikan pembangkit listrik dengan cepat, dan mereka operasional dengan minimal delay," tandas Carron.

Rencananya teknologi tersebut akan dikirimkan pada kuartal pertama 2017 menggunakan pengiriman jalur cepat dimana order telah dipesan pada kuartal keempat 2016. Untuk pembangkit listriknya dijadwalkan akan beroperasi pada semester pertama 2017.(adi)

ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small

Job Posting

No job posted

Oil Price

Exchange Rate

All Category