Global

Venezuela Miliki Cadangan Minyak Terbesar Dunia

img title

Jakarta, petroenergy.id – Sebesar 85 persen cadangan minyak terbesar dunia terdapat di 10 negara. Tertinggi dimiliki oleh Venezuela sebanyak 301 miliar barel. Sementara cadangan minyak Indonesia mulai menipis, dan berada di urutan ke 26 penyimpan cadangan minyak terbesar dunia.

Direktur Hulu Pertamina, Syamsu Alam mengatakan, saat ini Indonesia hanya memiliki cadangan minyak 3,6 miliar barrel atau 0,2 persen dari total cadangan dunia. "Total dunia 1.698 milyar barel dan negara kedua penyimpan cadangan minyak terbesar adalah Arab," ujar Syamsu Alam kepada wartawan di Cirebon, Minggu (9/4/2017).

Pertamina sebagai badan usaha milik negara  berupaya melakukan eksplorasi. Sejauh ini, Pertamina memang belum mendapat cadangan signifikan, meski ada 60 titik yang berpotensi terdapat cadangan minyak baru. Terakhir Pertamina mendapat cadangan minyak hanya di Cepu, tidak di tempat lain.

Untuk merealisasikan target produksi 1,9 barel oil equivalen per day (BOEPD) pada 2025, menurut Syamsu Alam, Pertamina akan menggencarkan akusisi aset migas di dalam dan  luar negeri. Akuisisi asset di luar negeri diproyeksikan menyumbang 33% persen target produksi tersebut. Pertamina juga akan melakukan strategi untuk mengelola blok-blok terminasi.

Saat ini, Pertamina sedang menyiapkan pengelolaan delapan blok terminasi tahun 2018 yang telah diserahkan pemerintah kepada Pertamina, termasuk di dalamnya Sanga Sanga dan OSES. (san*)

ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small

Job Posting

No job posted

Oil Price

Exchange Rate

All Category