Business

Universitas Pertamina Siap Cetak Sarjana Plus

img title

Jakarta, petroenergy.id – Rektor Universitas Pertamina Akhmaloka mengatakan, bertekad untuk dapat mencetak sarjana plus yang memiliki kematangan fundamental secara akademik dan kesiapan di dunia kerja.

Menurutnya, Universitas Pertamina berbeda dengan universitas pada umumnya, Universitas Pertamina selain akan menyiapkan mahasiswa didiknya dengan fundamental akademik yang kuat juga kesiapan dan kematangan untuk terjun ke industri.

"Pertamina memiliki fasilitas produksi, riset dan pengembangan, sehingga mahasiswa memiliki kesempatan untuk melakukan riset dan penelitian di fasilitas Pertamina. Ini yang mungkin tidak dimiliki oleh universitas lainnya," kata Akhmaloka di Jakarta, Jumat (18/3).

Kurikulum dan proses pembelajaran Universitas Pertamina  dirancang untuk menanamkan kemampuan berpikir secara kritis dan penyelesaian masalah kompleks melalui tugas dan proyek terkait dengan teknologi dan bisnis energi. Universitas Pertamina juga berkomitmem menciptakan lingkungan pembelajaran yang mendukung proses penanaman karakter yang baik, untuk menciptakan civitas akademika yang memiliki lima nilai pokok dalam bersikap, yakni integritas, pribadi unggul, profesional, daya pikir global dan tanggung jawab sosial.

Dia juga mengungkapkan dari sisi biaya pendidikan, Universitas Pertamina lebih terjangkau karena pada dasarnya pendirian universitas tersebut lebih kepada pengabdian Pertamina bagi dunia pendidikan. "Universitas Pertamina juga menyediakan beasiswa melalui jalur prestasi maupun karena alasan ekonomi. Beasiswa juga termasuk untuk biaya hidup."

Sementara itu, Akhmaloka mengatakan universitas yang bernaung di bawah Yayasan Pertamina tersebut akan menyelenggarakan Try Out SBMPTN untuk memberikan kesempatan kepada peserta dengan nilai tertinggi untuk mendapakan fasilitas kemudahan bebas biaya pendaftaran. Ujian Try Out dilaksanakan dalam dua gelombang, dimana peserta telah mendaftar terlebih dahulu melalui website Universitas Pertamina, yaitu www.universitaspertamina.ac.id maupun mendaftar langsung di lokasi.

Universitas Pertamina merupakan wujud kontribusi Pertamina pada masyarakat Indonesia melalui penyelenggaraan kegiatan pendidikan tinggi. Berada di bawah naungan Pertamina Foundation, Universitas Pertamina memiliki 6 fakultas dan 15 program studi (prodi) Strata-1, yaitu:  Fakultas Perencanaan Infrastruktur dengan prodi Teknik Sipil dan Teknik Lingkungan; Fakultas Teknologi Industri dengan prodi Teknik Elektro, Teknik Mesin, Teknik Kimia, dan Teknik Logistik; Fakultas Teknologi Eksplorasi dan Produksi dengan prodi Teknik Geofisika, Teknik Geologi, dan Teknik Perminyakan: Fakultas Sains dan Komputer dengan prodi Kimia dan Ilmu Komputer; Fakultas Ekonomi dan Bisnis dengan prodi Manajemen dan Ilmu Ekonomi dan Fakultas Komunikasi dan Diplomasi dengan prodi Ilmu Komunikasi dan Hubungan Internasional.

Sementara, VP Corporate Communications Pertamina Wianda Pusponegoro, menambahkan, untuk mendukung kelancaran proses belajar mengajar, Universitas Pertamina dilengakapi berbagai fasilitas penunjang.

“Untuk mendukung perkembangan kegiatan mahasiswa, Universitas Pertamina juga menyediakan berbagai fasilitas yang menunjang proses belajar mengajar mahasiswa. Beberapa fasilitas tersebut di antaranya Perpustakaan, Ruang Auditorium, Pusat Bahasa, Pusat Kesehatan, Laboratorium Pendidikan dan Penelitian. Selain sarana penunjang kegiatan akademik, Universitas Pertamina juga memiliki beberapa fasilitas untuk kegiatan olahraga dan kemahasiswaan,” kata Wianda. (mulkani)

 

ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small

Job Posting

No job posted

Oil Price

Exchange Rate

All Category