Investment

United Tractor Kebut Groundbreaking PLTU Tanjung Jati B

img title

Jakarta, petroenergy.id -- President Direktur United Tractors (UT), Gideon Hasan di acara jumpa pers dalam rangka acara "Ulang Tahun ke-60 Astra" menyatakan, bahwa groundbreaking PLTU (Pembangkit Listrik Tenaga Uap) Tanjung Jati B akan dilakukan secepatnya, namun dirinya belum bisa memastikan dan menjelaskan kapan hal itu akan dilakukan.

"Soalnya ada unconfidential agreement jadi agak sulit bagi saya untuk menjelaskan progerss detail. Cuma kami yakin dalam waktu singkat akan ada progressnya," jelas Gideon menjawab pertanyaan wartawan di Hotel Mulia Senayan, Jakarta (24/2).

"Kalau ditanya kami concernnya apa sekarang pada proyek listrik ini tentunya adalah pendanaan," tambahnya.

Asal tahu saja, PT. Sumitomo Corporation dan PT. Kansai Electric Power Co.Inc serta PT. United Tractors tbk sepakat untuk mengembangkan atau membangun PLTU Tanjung Jati B unit 5&6 dan menandatangani perjanjian jual beli listrik dengan PT. PLN (Persero) tanggal 21 desember 2015.Pembangunan pembangkit listrik dengan kapasitas 2 x 1000 MW menelan biaya kurang lebih ¥ 500.000.000.00. lamanya perjanjian "financial leasing agreement " adalah 25 tahun semenjak unit tersebut beroperasi.

Sumitomo Corporation sepenuhnya akan memanfaatkan bisnis EPC dalam membangun pembangkit listrik ini. dan berencana akan mengadopsi produk Jepang di komponen utama. sehingga investasi infrastruktur berkualitas.

Selain itu, belum lama ini anak perusahaan UT yaitu PT Unitra Persada Energia (UPE) dengan KP Power Development (KPPD) asal Belanda dan Sumi Energy Ventures LLC asal Jepang, akan membentuk sebuah perusahaan patungan di bidang usaha pengembangan dan pengoperasian atas 2×1000 MW ultra-supercritical power-generating unites dengan skema BOT (Build-Operate-Transfer) di area Tanjung Jati B Pembangkit Listrik Batubara unit 5 & 6 di Provinsi Jawa Tengah.

Perusahaan tersebut bernama PT Bhumi Jati Power dimana saham mayoritas akan dipegang oleh Sumi Energy dengan porsi sebanyak 50%. Sedangkan sisanya akan dibagi dua dengan UPE sebanyak 25% dan KPPD sebanyak 25%. (adi)

ads-small ads-small ads-small

Job Posting

No job posted

Oil Price

Exchange Rate

All Category