Investment

Tren Realisasi Anggaran ESDM Meningkat

img title

Jakarta, PetroEnergy.id -- Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mencatat capaian realisasi anggaran tertinggi selama 3 tahun terakhir. Hal ini disampaikan oleh Menteri ESDM, Ignasius Jonan dalam Rapat Pimpinan (Rapim) diperluas yang diikuti oleh jajaran Pejabat Eselon I dan II KESDM di Kantor Sekretariat Jenderal (Setjen) Kementerian ESDM.

Total realisasi anggaran di bulan Oktober 2016 naik sebesar 78.85% dibandingkan periode yang sama di Tahun Anggaran (TA) 2015. Realisasi anggaran hingga 31 Oktober 2016 mencapai 48.29% atau sebesar Rp. 3.7 triliun, sementara realisasi anggaran di bulan Oktober tahun 2015 hanya mencapai 27%.

“Realisasi anggaran di tahun 2016 tren nya terus meningkat. Tercatat sampai 7 November 2016, realisasi anggarannya sudah 50.8%. Bahkan untuk bulan Oktober 2016, terdapat 2 unit yang realisasi anggarannya melebihi target, yakni Direktorat Jenderal Minyak dan Gas Bumi (Ditjen Migas) dan Inspektorat Jenderal (Itjen),” ungkap Menteri Jonan.

Adanya penghematan anggaran di Kementerian ESDM membutuhkan langkah penyesuaian dalam realisasi anggaran di periode Oktober 2016. Sehingga untuk mencapai target realisasi anggaran di periode November dan Desember 2016, Kementerian ESDM mempersiapkan beberapa kegiatan percepatan.
“Belajar dari tantangan yang dihadapi, kami akan melakukan berbagai percepatan seperti percepatan penyelesaian pembayaran, percepatan pencairan biaya-biaya serta percepatan penyelesaian pengadaan dan belanja,” kata  Jonan dikutip dari rilis Kementerian ESDM, Jumat (11/11).

Sementara itu, dengan telah disepakatinya pagu indikatif Kementerian ESDM 2017 oleh Komisi VII dan Banggar DPR RI sebesar Rp7,01 triliun terus memacu segenap jajaran Kementerian ESDM untuk berkerja lebih cepat guna memperbaiki kualitas realisasi pada periode mendatang.


Beberapa langkah percepatan untuk TA 2017 telah dilakukan. Penyelesaian Rencana Kerja dan Anggaran (RKA) untuk Pagu Anggaran 2017 telah diselesaikan serta Rencana Umum Pengadaan (RUP) telah diumumkan secara internal pada 8 November 2016 lalu. Selanjutnya, Kementerian ESDM juga telah melakukan Pengumuman Lelang Tahap I tahun 2017 di media massa nasional pada 9 November

“Penyusunan dan realisasi anggaran akan terus kami dorong dan kawal. Namun jangan sampai memaksakan realisasi yang akan menjadi masalah di kemudian hari." tutup Jonan. (adi)

ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small

Job Posting

No job posted

Oil Price

Exchange Rate

All Category