Other

Tersisa 70 Tahun Lagi Cadangan Batubara Nasional

img title

Jakarta, petroenergy.id -- Sri Rahardjo, Direktur Pembinaan dan Pengusahaan Batu Bara Kementerian ESDM mengatakan kapasitas produksi yang diajukan produsen batu bara cenderung melebihi target  pemerintah. Sepanjang 2017 kapasitas produksi nasional ditetapkan  413 juta ton, sedangkan total produksi yang diajukan produsen mencapai 475 juta ton. (dunia energi)

“Jika cadangan baru tidak segera ditemukan, sementara produksi terus berjalan, diperkirakan cadangan batubara akan segera habis,” kata Sri Rahardjo di Jakarta, beberapa hari lalu. Ironisnya, seperti diakui Sri, pemerintah masih menemui kendala untuk menemukan sumber cadangan baru untuk memenuhi kebutuhan batu bara nasional.

Untuk itu, pemerintah akan memprioritaskan eksplorasi di wilayah timur Indonesia. Hingga semester I 2017 cadangan batu bara yang dimiliki Indonesia mencapai 28,4 miliar ton.

Selain itu, menurut Hersonyo, Kasubdit Pengusahaan Operasi Produksi dan Pemasaran Ditjen Mineral dan Batu Bara Kementerian ESDM, peningkatan kegiatan eksplorasi cadangan batu bara akan difokuskan pada tambang terbuka, tambang dalam, dan tambang bawah laut.

“Cadangan batu bara nasional diprediksikan akan habis dalam jangka waktu 60-70 tahun ke depan,” ujar  Sri Rahardjo, seraya menambahkan pemerintah akan mendorong peningkatan pemanfaatan batu bara untuk kebutuhan dalam negeri. Pada 2019, produksi batu bara akan dipatok sebesar 400 juta ton dan diprioritaskan untuk supply dalam negeri.

Hingga saat ini sebagian besar produksi batu bara nasional ditujukan untuk memenuhi kebutuhan ekspor. Rata-rata batu bara yang dimanfaatkan untuk kebutuhan domestik sebesar 20%-25%.

Pemanfaatan batubara domestik terbesar untuk pembangkit listrik sekitar 80%. Adapun proyeksi kebutuhan batu bara dalam negeri untuk lima tahun ke depan akan tumbuh 8% setiap tahun. -san

ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small

Job Posting

No job posted

Oil Price

Exchange Rate

All Category