Oil & Gas

Terkait Kewajiban Dana ASR, Pertamina Kaji Keekonomian Blok East Kalimantan

img title

Jakarta, petroenergy.id - Direktur Pembinaan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (Migas) - Ditjen Migas, Kementerian ESDM, Tunggal, mengatakan, terkait alih kelola Blok East Kalimantan, sekarang Pertamina masih mengkaji keekonomian tersebut. Dari kajian ini, dikabarkan bahwa perusahaan energi plat merah tersebut keberatan dengan adanya kewajiban membayar dana Abandonment and Site Restoration  ASR. Alasannya, kewajiban itu akan mempengaruhi nilai keekonomian blok tersebut.

Dijelaskan, kewajiban pembayaran ASR ini seusai dengan Peraturan Pemerintah Nomor 35 tahun 2004. Pasal 36 bahwa kontraktor wajib mengalokasikan dana untuk kegiatan pasca operasi usaha hulu. Kewajiban itu dilakukan sejak dimulainya masa eksplorasi dan dilaksanakan melalui rencana kerja dan anggaran.

Sedangkan dalam kontrak lama, Chevron sebagai operator Blok East Kalimantan memang tidak wajib membayar dana ASR. “Kami tunggu dulu proposalnya Pertamina itu kayak apa. Mereka kan baru evaluasi , yang penting proposalnya lengkap,” kata Tunggal dikutip Katadata, Senin (14/11).

Kepala Divisi Manajemen Risiko dan Perpajakan Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Migass (SKK Migas) Mochamad Hatta Filsafawan membenarkan jika dalam kontrak lama pengelolaan East Kalimantan tidak ada kewajiban pencadangan ASR. Hal ini yang menjadi dasar Chevron untuk menolak mencadangkan ASR.

Meski tidak ada dalam kontrak pengelolaan, Chevron mempunyai mekanisme tersendiri untuk ASR, yakni melalui Aset Retirement Obligation (ARO). Dengan mekanisme ini, ASR tetap dilakukan tetapi pembiayaannya tidak melalui pencadangan. Biaya ASR akan langsung menjadi biaya operasi pada tahun ASR dilaksanakan.

Sementara, biaya ASR untuk semua aset yang masih dapat digunakan pasca berakhirnya kontrak East Kalimantan, menurut Hatta, masih harus dinegosiasikan dengan  Chevron. Apalagi, SKK Migas tidak memiliki alat memaksa Chevron mencadangkan dana ASR. (mk)

 

ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small

Job Posting

No job posted

Oil Price

Exchange Rate

All Category