Business

Terabaikan, Wilayah Sumatera Butuh Jaringan Listrik 19.000 Km

img title

Jakarta, petroenergy.id – Realitas  ketersediaan sumber daya alam di Sumatera tidak merata. Faktanya, ada daerah yang kaya akan sumber-sumber (alam) energi, tapi ada pula daerah yang tidak memilikinya.

Direktur Bisnis Regional Sumatera PT PLN, Amir Rosidin, mengatakan, untuk mengantisipasi kesenjangan itu diperlukan pembangunan jaringan transmisi di Sumatera, agar supaya listrik bisa diproduksi dengan biaya murah untuk menjangkau daerah-daerah jauh dari kebradaan sumber daya energy.

Menurutnya, untuk menciptakan biaya produksi listrik lebih efisien di Sumatera, pembangkit-pembangkit listrik harus dibangun di daerah-daerah yang kaya akan sumber energi (resources based) kemudian disalurkan melalui jarinagan transmisi.

“Kemudian, listrik dialirkan melalui jaringan transmisi ke daerah-daerah lain yang tidak memiliki pembangkit. Konsep Sumatera itu pembangkitnya berdasarkan resources based, tergantung sumber energinya di mana. Untuk itu di Sumatera perlu dibangun jaringan transmisi total 19.000 Km,” kata Amir, Senin (18/4). mk

ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small

Job Posting

No job posted

Oil Price

Exchange Rate

All Category