-->

Energy

Teknologi Toshiba Dorong Peningkatan Kebutuhan Energi dan Pengembangan Infrastruktur di Indonesia

img title

Petroenergy.id, Jakarta - President Director, PT Toshiba Asia Pacific Indonesia, Fumihiro Okada, mengatakan,  ingin berbagi bisnis-bisnis Toshiba, antara lain mengenai peningkatan kebutuhan energi dan pengembangan infrastruktur di Indonesia.

Okada menyatakan hal itu dalam presentasinya pada acara Media Briefing di Jakarta, Rabu (24/10/2018).

Berdasarkan data Asian Development Bank, Indonesia saat ini menjadi ekonomi terbesar di ASEAN dan yang ke-16 terbesar di dunia. Indonesia mengalami peningkatan kebutuhan energi dua kali lipat tahun 2025. Hal ini mendorong Toshiba untuk terus berperan dengan membawa teknologi pembangkit listrik yaitu pembangkit tenaga uap, panas bumi dan air ke Indonesia untuk mendukung pertumbuhan infrastruktur negara ini yang lebih maju.

Okada mengklaim bahwaToshiba saat ini memimpin dalam penyediaan pasokan peralatan pembangkit tenaga listrik di Indonesia, ini  dimulai dengan beroperasinya pembangkit listrik tenaga air pertama secara komersial pada tahun 1975.

Sejak itu, kata dia, Toshiba telah membawa teknologi pembangkit listrik tenaga uap, panas bumi dan air ke Indonesia untuk mendukung pertumbuhan infrastruktur negara ini.

Okada lebih jauh mengatakan, Indonesia merupakan pasar potensial. Dengan mengutip data dari Asian Development Bank tersebut, Okada yakin bahwa lndonesia saat ini menjadi ekonomi terbesar di ASEAN dan yang ke-16 terbesar di dunia.

Kapasitas pembangkit listrik Indonesia pada tahun 2025 diperkirakan akan meningkat dua kali lipat dibandingkan tahun 2017, dari 50 gigawatt (GW) menjadi 106 GW sebagaimana dilaporkan dalam RUPTL (Rencana Usaha Penyediaan Tenaga Listrik) PT PLN tahun 2018-2027.

Sesuai dengan kebutuhan listrik Indonesia yang semakin meningkat, Toshiba telah memasok atau menerima pesanan 16 unit turbin uap untuk termal, 42 unit turbin hidraulik dan 5 unit turbin uap panas bumi di seluruh Indonesia, yang berkontribusi terhadap kapasitas gabungan hingga lebih dari 9.SGW.

Ketika menjawab pertanyaan petroenergy.id terkait dengan pesanan turbin tersebut diatas, Okada menjelaskan bahwa pesanan turbin itu telah dipesan antara lain oleh IPP (independent power producer ). “Turbin ini dipesan oleh IPP, diantaranya Geo Dipa Energi, Pertamina Geothermal Energi dan Medco Energi,” kata Okada.

Ditambahkannya bahwa sebuah penghargaan bagi Toshiba, baru-baru ini mendapat kontrak untuk memasok tiga turbin air 75 MW dan generator untuk proyek pembangkit listrik tenaga air Malea. lni adalah tambahan pesanan dari dua buah turbin 45MW dan generator hidro sebelumnya.

"Kami merasa terhormat dalam mendukung kebutuhan energi Indonesia melalui pembangkit listrik tenaga panas bumi, air dan uap. Seiring dengan berkembangnya negara ini, TAPI berusaha meningkatkan kandungan lokal produk kami agar lebih dekat dengan pelanggan dengan menawarkan layanan pemeuharaan langsung untuk fasilitas pembangkit serta kemitraan dengan perusahaan lokal di Indonesia dalam mendukung pertumbuhan negara ini," kata Fumihiro Okada.

Bicara fortofolio bisnis, kata Okada, Toshiba sejak saat itu telah diperluas hingga mencakup transmisi dan distribusi listrik serta solusi infrastruktur seperti transportasi kereta api dan fasilitas gedung terkait dengan penerangan, tift, dan pengatur suhu untuk industri.

Pada Agustus lalu, Toshiba menyepakati sebuah nota kesepahaman (MoU) dengan Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) tentang implementasi H20ne, sistem energi hidrogen luar-jaringan mandiri berdasarkan energi terbarukan dan penggunaan dari hidrogen sebagai bahan bakar bagi pembangkit listrik di Indonesia.

Toshiba juga mengakuisisi mayoritas kepemilikan dari PT Envitech Perkasa pada tahun 2011, dan sejak saat itu telah memberikan kontribusi bagi infrastruktur lndonesia dengan menyediakan berbagai solusi pengolahan air di lebih dari 200 proyek, di berbagai sektor industri.

Sebelum mengakhiri presentasinya,Okada, kembali menyebut Indonesia adalah menjadi pasar panting bagi Toshiba, karena Indonesia saat ini terus mendorong pembangunan ekonomi yang berkelanjutan. Pengembangan energi dan infrastruktur adalah futur mendasar untuk mendukung pertumbuhan ini.

Oleh karena itu, Toshiba berkomitmen untuk mendukung Indonesia dalam peningkatan penggunaan energi dan pengembangan infrastrukturnya.

"Kehadiran Toshiba untuk selama 40 tahun untuk  mendukung Indonesia, dan Toshiba terus berusaha menyediakan energi yang andal dan lebih bersih serta mewujudkan suatu masyarakat yang aman, terjaga, dan tangguh melalui infrastrukturyang andal," demikian Okada.(Mk)

ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small

Job Posting

No job posted

Oil Price

Exchange Rate

All Category