Event

Teknologi Batubara HELE Kurangi CO2 Sebanyak 35%

img title


Jakarta, PetroEnergy.id -- "Indonesia merupakan produsen batu bara terbesar keempat di dunia. Dengan roadmap ini, Indonesia dapat mengaplikasikan teknologi batu bara berefisiensi tinggi rendah emisi (High Efficiency Low Emissions, HELE). Teknologi tersebut memungkinkan Indonesia untuk terus menggunakan sumber daya batu baranya yang berlimpah dalam memenuhi permintaan energi yang terus meningkat dan mendorong pertumbuhan ekonomi, sembari tetap memenuhi target pengurangan emisinya dalam Perjanjian Paris," ujar Chief Executive WCA Benjamin Sporton  dalam acara konferensi pers “Membangun Jalur Pengadaan Teknologi Batu Bara High Efficiency Low Emissions (HELE) di Indonesia” siang ini 6 September 2016 di Hotel Borobudur, Jakarta

Ditambahkannya, Indonesia dan sejumlah negara lain telah mengidentifikasi peran teknologi HELE sebagai bagian dari INDC mereka. Diakui Badan Energi Internasional (International Energy Agency, IEA) sebagai salah satu sarana kunci mitigasi iklim, teknologi batu bara HELE penting untuk mengurangi CO2 dan emisi lainnya yang dihasilkan oleh pembangkit listrik bertenaga batu bara.

"Teknologi batu bara HELE dapat mengurangi emisi CO2 sebanyak 35% dibandingkan dengan teknologi sebelumnya yang kurang efisien. Ini berarti negara dapat merasakan keuntungan dari listrik bertenaga batu bara yang terjangkau, dapat diandalkan dan mudah diakses untuk mendukung pertumbuhan ekonomi mereka sembari mengurangi emisi secara signifikan sesuai dengan komitmen iklim mereka," kata Sporton.

"Indonesia membutuhkan kerangka aplikasi teknologi batu bara beremisi rendah untuk memastikan adanya integrasi antara kebijakan iklim, energi dan ekonomi. Itulah sebabnya pada tahun 2014, WCA mendirikan Platform to Accelerate Coal Efficiency (PACE) untuk mendukung negara-negara yang memilih untuk menggunakan batu bara agar dapat menerapkan teknologi batu bara yang paling efisien. Dalam lokakarya hari ini yang juga menjadi bagian dari inisiatif tersebut, sejumlah ahli internasional termasuk perwakilan sektor swasta dan publik dari Indonesia, merumuskan strategi bagi Indonesia untuk mempercepat adopsi teknologi HELE dalam memenuhi target pertumbuhan ekonomi dan mitigasi iklim," tutup Sporton.(adi)

ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small

Job Posting

No job posted

Oil Price

Exchange Rate

All Category