Other

Tahun ini, PHE Targetkan PROPER Emas

img title

Jakarta, PetroEnergy.id --PT Pertamina Hulu Energi (PHE) menargetkan 2 (dua) proper emas di tahun 2016. PROPER atau Program Penilaian Peringkat Kinerja Perusahaan dalam Pengelolaan Lingkungan Hidup menjadi target Pertamina dan anak perusahaannya (AP) sebagai bagian dari menyeimbangkan kegatan usaha di bidang ekonomi, sosial dan lingkungan. PROPER memiliki nilai strategis terhadap citra perusahaan.  

Dalam rangka menuju PROPER Emas, jajaran pimpinan PHE melakukan kunjungan  ke program Comdev dan CSR unggulan yang berada disekitar wilayah operasi JOB Pertamina-Talisman Jambi Merang (JOB PTJM) dan PHE West Madura Offshore (WMO). Kunjungan dilakukan oleh Direktur Development PHE, Bambang Manumayoso dan Direktur Operasi & Produksi PHE Beni J. Ibradi.   Dua program yang menjadi fokus perhatian adalah Program Taman Pendidikan Mangrove (TPM) Desa Labuhan, Kec. Sepulu, Kab. Bangkalan dan Sekolah Cinta Bumi, SDN 3 Kali Berau, yang berada di Dusun Reban Kumbang, Desa Kali Berau, Kecamatan Bayung Lencir, Kab. Musi Banyuasin.  

Bambang Manumayoso yang akrab di panggil Pak Mbong mengatakan, “Tujuan penerapan instrumen PROPER adalah untuk mendorong peningkatan kinerja perusahaan dalam pengelolaan lingkungan melalui penyebaran informasi kinerja penaatan perusahaan dalam pengelolaan lingkungan. Peningkatan kinerja penataan dapat terjadi melalui efek insentif dan disinsentif reputasi yang timbul akibat pengumuman peringkat kinerja PROPER kepada public”.   “Seperti Sekolah Cinta Bumi adalah tema yang diusung oleh JOB Pertamina-Talisman Jambi Merang dalam melaksanakan program Pemberdayaan Masyarakat, dimana salah satu fokus utama program adalah peningkatan kualitas pendidikan di sekolah di sekitar wilayah operasi perusahaan.

Di sekolah ini, bersama masyarakat, pemerintah dan tenaga pendidik,  perusahaan bersinergi untuk meningkatkan kualitas pelayanan pendidikan serta menumbuhkan budaya cinta bumi,”sambungnya.   Kegiatan yang dilakukan di Sekolah Cinta Bumi ini adalah perluasan ruang belajar, pembangunan ruang multi media yang menyediakan fasilitas internet dan sudut baca, kantin herbal yang menyediakan makanan-minuman sehat hasil olahan kebun TOGA, kebun toga dengan tanaman hidroponik dan taman bermain cinta bumi, Instalasi pengolahan air limbah serta perangkat pengolahan Bio Diesel sebagai sumber listrik alternative.   Selain itu, pelaksanaan PROPER diharapkan dapat memperkuat berbagai instrumen pengelolaan lingkungan yang ada, seperti penegakan hukum lingkungan, dan ekonomi.

Disamping itu penerapan PROPER dapat menjawab kebutuhan akses informasi, transparansi dan partisipasi publik dalam pengelolaan lingkungan.   Untuk di PHE WMO, terdapat Program Sidorukun Sumber Rejeki di Desa Sidorukun, Gresik yang berlokasi di dekat area ORF PHE WMO. Pengelolaan IPAL di RT 01/ RW 06 Desa Sidorukun yang telah berjalan sejak tahun 2013, termasuk menilik lokasi pemanfaatan IPAL untuk pengembangan usaha masyarakat berupa pengembangan tanaman hidroponik dan budidaya lele oleh warga RT 01/ RW 06. Dan program pemberdayaan lain yang ada di Desa Sidorukun. Diantaranya UKM Menjahit, Catering & Wedding Organizer, Kelompok Daur Ulang Sampah Kertas, serta pengelolaan sampah (kompos).  

Penilaian kinerja penaatan perusahaan dalam PROPER dilakukan berdasarkan atas kinerja perusahaan dalam memenuhi berbagai persyaratan ditetapkan dalam peraturan perundang-undangan yang berlaku dan kinerja perusahaan dalam pelaksanaan berbagai kegiatan yang terkait dengan kegiatan pengelolaan lingkungan yang belum menjadi persyaratan penaatan. (Adi) 

ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small

Job Posting

No job posted

Oil Price

Exchange Rate

All Category