Business

Swiss Ingin Invest Panel Surya

img title

Jakarta, petroenergy.id - Direktur Jenderal Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi (EBTKE) Kementerian ESDM, Rida Mulyana, mengatakan, Swiss tertarik mengembangkan bisnis panel surya di Indonesia. Namun demikian sampai saat ini belum ada pembicaraan resmi terkait rencana bisnia energi matahari itu.

“Swiss sangat mendukung Indonesia dalam program percepatan pengembangan energi baru terbarukan, bahkan mereka tertrik masuk di bsnis pengembangan energi baru terbarukan(EBT),” kata Rida Mulyana di Jakarta (4/4)

Menurutnya, Pemerintah memang punya program Indonesia Terang. Seiring dengan program ini Swiss, kata Rida, juga tertarik untuk berinvestasi pengembangan listrik skala kecil seperti biomassa. Selain itu, tambah Rida, Swiss juga menyanggupi untuk membantu Indonesia mencapai target pemenuan 23 persen energi nasional dari EBTKE dengan menawarkan untuk mempersiapkan peralatan dan berbagai kebutuhan lainnya.

“Jadi kalau dilihat mereka pengennya jualan, tapi kita inginnya mereka juga bangun pabrik di sini sehingga ada lapangan kerja dan transfer teknologi serta konsultasi pengembangan energi terbarukan yang cocok buat kita, dan mereka sanggupi itu,” tutur Rida.

Meski demikian, Rida menjelaskan belum ada rencana investasi dalam waktu dekat, karena saat ini kedua belah pihak masih membicarakan peluang-peluang bisnis di sektor EBTKE tersebut.

“Ini baru baru pembicaraan antar pemerintah dan jika sudah MoU dan working group baru pelaksanannya oleh BUMN dan swasta. Mereka juga bilang akan cari patner lokal,” pungkasnya. (yunus/mk)

 

ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small

Job Posting

No job posted

Oil Price

Exchange Rate

All Category