Oil & Gas

Sudirman Said Canangkan Gerakan Konservasi Energi “Potong 10 Persen”

img title

Jakarta, petroenergy.id – Pemerintah mencanangkan Gerakan Konservasi Energi “Potong 10%” pada tahun 2015 lalu, sebagai gerakan untuk mendorong kesadaran mengenai efisiensi dan tanggung jawab dalam hal pemanfaatan energi.

Melalui Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), kata Sudirman Said, gerakan konsevasi energy ini diimplementasikan sebagai sumber energi ke lima. “Konservasi energi harus kita tempatkan sebagai sumber energi kelima setelah minyak, gas, batubara, dan energi terbarukan,” ujar Sudirman Said.

Menurutnya, grakan konservasi energi  dapat menghemat 10 persen,  lebih mudah dilakukan dari pada membangun sumber energi baru sebesar 10 persen  atau setara 3,5 Gigawatt (Gw) yang membutuhkan dana sekitar Rp 43 triliun.

Ditambahkannya, konsumsi energi nasional terbesar saat ini berada pada kelompok pelanggan rumah tangga, industri, dan bisnis. Oleh karena itu, kata Sudirman Said, Gerakan Potong 10 Persen akan fokus pada sektor-sektor tersebut.

Pada tahap ini akan dilaksanakan di provinsi dengan tingkat konsumsi energi tinggi, atau di atas 87 persen total konsumsi nasional, seperti di Sumatera Utara, Riau, Sumatera Selatan, Lampung, Banten, Jawa Barat, DKI Jakarta, Jawa Tengah, Jawa Timur, Bali, dan Sulawesi Selatan.

Penghematan sebesar 10 persen yang dilakukan di provinsi tersebut dapat melistriki sekitar 2,5 juta kepala keluarga di seluruh desa dalam Program Indonesia.

“Potong 10%” merupakan gerakan bersama yang melibatkan Pemerintah, pelaku bisnis dan industry serta  organisasi masyarakat sipil, dan individu, yang bisa diterapkan pada aktivitas sehari-hari,” tandas Sudirman Said.

Terkait program gerakan konservasi energy,  secara resmi akan dilkukan Menteri ESDM dengan mengajak publik bergabung dalam Gerakan Potong 10 Persen pada Minggu pagi, 15 Mei 2016 bersamaan dengan Car Free Day di Jakarta,  dimulai dari Kantor Kementerian ESDM di Medan Merdeka Selatan.  Menteri ESDM akan berjalan kaki menuju Bundaran Air Mancur Hotel Indonesia bersama dengan jajarannya dan masyarakat umum mengkampanyekan penghematan energi. mulkani

 

ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small

Job Posting

No job posted

Oil Price

Exchange Rate

All Category