Oil & Gas

Sudirman Said Ajak BUMD Garap Sumur Minyak di Sum-Sel

img title

Lematang Ilir, petroenergy.id - Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Sudirman Said, mengajak Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) dan koperasi untuk berpartisipasi mengelola sumur tua di wilayah Sumatra Selatan, khususnya sumur minyak milik Pertamina di Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI), Sumatera Selatan.

Hal tersebut dikemukan oleh Menteri ESDM ketika melakukan lawatan ke Kabupaten PALI, terkait kunjungannya ke Sumatra Selatan, Minggu (20/3).

"Untuk mewujudkan hal tersebut perlu peran serta pemangku kepentingan di daerah seperti BUMD dan koperasi untuk pengelolaan sumur-sumur yang sudah tua, seperti yang ada di Kabupaten PALI. Semua pihak yang terkait harus mendapatkan manfaat dari kekayaan minyak dan gas yang ada di Kabupaten PALI", kata Sudirman Said.

Minyak dan gas hasil dari Kabupaten PALI berasal dari eksplorasi peninggalan Belanda yang saat ini diolah Pertamina EP Asset 2 dan mitra Pertamina EP dengan wilayah kerja efektif sebesar 35 KM dengan 28 sumur aktif.

Bupati PALI, Heri Amalindo  menyambut baik ajakan Menteri Sudirman Said itu, karena dengan dioptimalisasikan sumur sumur miyak tersebut  akan meningkatkan 76 persen Pendapatan Asli Daerah Kabupaten PALI.

“Ini adalah kesempatan bagi PALI dalam mengembangkan potensi yang dimiliki. Kita akan memaparkan potensi migas yang ada di sini”, ungkap Bupati PALI yang menyambut gembira kedatangan Menteri ESDM beserta tim.

Dijelaskan, salah satu sumur minyak tertua di PALI adalah Sumur Talang Akar No. 075 yang mulai dieksplorasi tahun 1935 yang saat ini menghasilkan 22 barel minyak per hari. Di wilayah yang sama terdapat pula sumur no. 174 dengan produksi 28 barel per hari dan sumur No. 006 dengan produksi terbesar yakni 20.000 barel minyak per hari. Pertamina EP yang diberikan kepercayaan untuk mengelola, memiliki wilayah kerja meliputi 7 Kabupaten dan 2 Kota di Sumatera Selatan.

Sudirman Said menjelaskan, operasi pengebangan sumber daya alam dibawah koordinasi pengawasan pemerintah dan pemerintah darah. "Pengelolaan sumber daya alam disini harus diawasi dan ada kerjasama terpadu antara Pemerintah dan Pemerintah Daerah untuk mewujudkan ketahanan energi nasional", kata  Sudirman Said. (mulkani)

ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small

Job Posting

No job posted

Oil Price

Exchange Rate

All Category