Oil & Gas

Status SKK Migas Akan Ganti BUMN Khusus

img title

Jakarta, petroenergy.id – Sebagai terobosan di sisi hilir migas, Pemerintah akan  membentuk Badan Pengangga Gas Bumi. Dirjen Migas Kementerian ESDM IGN Wiratmaja Puja di Hotel Dharmawangsa, Rabu lalu, mengatakan, badan yang akan dibentuk  ini betujuan agar terciptanya harga gas  yang sama.

Menurut Wiratmaja, harga gas di Indonesia saat ini masih sangat beragam. “Misalnya, harga gas di Pulau Jawa dan Sumatera Utara yang jauh berbeda. Demikian pula harga gas di Indonesia Timur,” katanya.

Sementara, untuk hulu migas, Pemerintah akan memperkuat PT Pertamina. Sementara itu, SKK Migas akan berubah menjadi BUMN Khusus yang mewakili Pemerintah sebagai partner. BUMN Khusus ini nantinya, kata Wiratmaja,  akan mengurusi business right. Untuk mining right, dia menabahkan, berada di tangan Pemerintah.

“Kita inginnya mineral right ini (dipegang) Pemerintah, kemudian bisnis right  itu oleh BUMN-K. Seperti BP Migas atau SKK Migas, ada kakinya yang di mineral right, ada yang di bisnis. Ini yang sedang kita pilah-pilah,” ujar Wiratmaja. mk

ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small

Job Posting

No job posted

Oil Price

Exchange Rate

All Category