Investment

Skema Kerjasama Pertamina dan PLN Untuk Solusi Akuisisi PGE Akan Didiskusikan

img title

Jakarta, PetroEenergy.id --  Menteri BUMN (Badan Usaha Milik Negara) Rini Soemarno sampai saat ini masih belum memutuskan perihal jadi tidaknya PT PLN (Persero) mengakuisi saham PT Pertamina (Persero) di PT Pertamina Geothermal Energi (PGE). 

“Sekarang yang penting kita satukan visi untuk BUMN saling bersinergi dulu. Pertamina itu kan anak saya, PLN juga anak saya. Pokoknya yang urusan mengebor dan urusan lapangan kan Pertamina paling bagus. Ya akan kita kasih ke Pertamina. Tapi yang dihasilkan itu kan uap untuk listrik, sedangkan yang punya transmisi dan gardu induk itu PLN. Jadi ya harus kerjasama dengan PLN ” , kata Rini di Kantor Pertamina Pusat, Jakarta, 10 November 2016, dihadapan para peserta unjuk rasa FSPPB yang menolak akuisis PGE oleh PLN.

“Akan bentuk kerjasamanya nanti akan kita diskusikan dahulu secara bersama-sama.” Tambahnya.

Senada, Wakil Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Ahmad Bambang menyatakan, bahwa soal skema kerjasama antara PLN dan Pertamina masih  harus diskusikan lebih lanjut. “ Semua skema masih terbuka. Kita belum tahu kalau sekarang.” Katanya kepada PetroEnergy dalam kesempatan yang sama.

Sementara itu, Noviandri, Presiden FSPPB (Federasi Serikat Pekerja Pertamina Bersatu) menyambut baik respon Menteri Rini yang datang ke Pertamina untuk mendengarkan aspirasi Serikat Pekerja Pertamina. “Kita apreasiasi ini,” katanya dalam jumpa pers.

Namun begitu, Novi mengingatkan bahwa penolakan akuisisi PGE oleh PLN adalah harga mutlak dari karyawan Pertamina. “PGE harus tetap milik Pertamina. Kalau PLN mau kerjasama bisa saja dan kita dukung  saja. Kan kami pernah memberi usulan seperti bentuk joint venture atau membuat anak perusahaaan baru.” Katanya.

Tapi akan hal bentuk skema kerjasamanya, Novi mengakui saat ini belam ada kejelasan bentuknya dari Menteri Rini sendiri. “Tadi kami sudah berbincang dengan beliau. Memang beliau belum menggambarkan bagaimana bentuk detailnya. Perlu diskusikan dahulu.” tambahnya.

Disisi lain Novi menyatakan akan mempersiapkan semua bentuk kajian dan juga argumen yang mengutakan bahwa pencaplokan PGE oleh PLN itu adalah langkah yang salah. "Kita akan minta para ahli mengulas soal ini. Sebab dari pertemuan dengan Bu Rini ini bukan akhir perjuangan, justru menjadi awal perjuangan. Utamanya dalam diskusi nanti. (adi)
 

ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small

Job Posting

No job posted

Oil Price

Exchange Rate

All Category