Business

Shell Mempersiapkan Penerapan Permen ESDM No.25 Tahun 2017

img title

Jakarta, petroenergy.id -- Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan tanggal 29 Maret 2-17 telah menandatangani Peraturan Menteri (Permen) ESDM Nomor 25 Tahun 2017 tentang Percepatan Pemanfaatan Bahan Bakar Gas Untuk Transportasi Jalan.

Mengutip dari laman esdm.go.id, penetapan ini dengan pertimbangan bahwa untuk melaksanakan ketentuan Pasal 16 ayat (3) Peraturan Presiden Nomor 64 tahun 2012 tentang Penyediaan, Pendistribusian dan Penetapan harga Bahan Bakar gas Untuk Transportasi Jalan, sebagaimana telah diubah dengan Peraturan Presiden Nomor 125 Tahun 2015 tentang Perubahan atas Peraturan Presiden Nomor 64 Tahun 2012 tentang Penyediaan, Pendistribusian dan Penetapan Harga Bahan Bakar gas Untuk Transportasi Jalan.

Permen ini mengatur mengenai penyediaan dan pendistribusian BBG berupa CNG yang diperuntukan bagi kendaraan bermotor untuk transportasi jalan. Penyediaan dan pendistribusian BBG berupa CNG dilaksanakan secara bertahap pada daerah tertentu dalam wilayah NKRI.

Jadi nantinya setiap SPBU (Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum) harus mempunyai minimal satu dispenser CNG. SPBU yang disasar tak hanya milik PT Pertamina saja, tapi SPBU asing dan swasta juga diharuskan menerapkan hal ini.

Menanggapi hal ini, Wahyu Indrawanto, Direktur Ritel PT Shell Indonesia dan Cluster General Manager Ritel Indonesia, Singapura, Hong Kong menyatakan; "Kita memang sedang mempersiapkan dan berkoordinasi dengan Pemerintah dalam berbagai hal untuk Permen ini.Kita ingin tahu secara spesifik kebutuhan tersebut, pada saat yang sama kita lagi melakukan masukan dari masing-masing SPBU kita mana yang sudah ada infrastruktur gasnya dan mana yang belum," katanya menjawab pertanyaan petroenergy (29/8) di Jakarta.

Disisi lain, lanjutnya, Shell juga berencana menambah sekitar 8 sampai 10 jumlah SPBU di wilayah Jabodetabek, Bandung, dan Sumatera Utara hingga akhir tahun 2017 ini. Untuk bulan Agustus ini ada dua SPBU baru di Jakarta yaitu yang di Pondok Cabe Kota Tangerang Selatan dan di dekat Puri Indah, Jakarta Barat.

"Shell akan tetap berkomitmen menyediakan energi yang ramah lingkungan dan tetap mentaati ketentuan program Biofuel atau B20," tandasnya. (adi)

ads-small ads-small ads-small ads-small

Job Posting

No job posted

Oil Price

Exchange Rate

All Category