Maritime

Sekjen IMO: “Indonesia Punya Potensi Maritim Sangat Besar”

img title

Jakarta, petroenergy.id - Sidang International Maritime Organization (IMO) dimulai di London, Inggirs. Indonesia mempunyai potensi maritim yang sangat besar untuk dikembangkan. Atase Perhubungan KBRI London Simson Sinaga mewakili Indonesia dan melanjutkan upaya untuk pelaksanaan program pemerintah menjadikan Indonesia sebagai Poros Maritim Dunia.

Simson Sinaga menyebutkan, pelaksanaan Sidang IMO hingga 10 Maret 2017 ini mengenai Navigation, Communication, Search and Rescue yang ke- 4. "Sekjen IMO menyatakan bahwa Indonesia mempunyai potensi maritim yang sangat besar untuk dikembangkan," ujar Simson.

Menurut Simson Sinaga, sebagai pimpinan tertinggi di Organisasi Internasional dibawah PBB tersebut, Sekjen IMO pernah menyampaikan akan menjadikan kebijakan Pemerintah Republik Indonesia sebagai model untuk pengembangan dunia maritim dan  mengajak negara anggota IMO  membangun sektor maritimnya.

 "Kedatangan Sekjen IMO ke Indonesia belum lama ini, menjadi momentum istimewa di organisasi internasional yang mengatur keselamatan dan keamanan berlayar serta perlindungan terhadap lingkungan maritim tersebut," ungkap Simson.

Hal itu akan membuat Indonesia semakin terpandang di dunia maritim internasional. Untuk itu diperlukan sumber daya manusia (SDM) yang andal guna memberikan pemikiran yang sama dalam mengembangkan sektor maritim Indonesia. 

Bertemu mahasiswa

Selain melakukan upaya memperkuat diplomasi maritim, Simson juga melanjutkan aktifitas di negara penempatan, dengan melakukan pertemuan dengan para mahasiswa Indonesia yang sedang melaksanakan kegiatan tahunan antar mahasiswa yaitu Festival ASEAN 2017 bertempat di hall Manchester University. 

Beberapa mahasiswa Indonesia yang sedang mengikuti pendidikan di Manchester sangat tertarik dan antusias pada pertemuan tersebut. Diskusi berlangsung di antara mereka terkait pelaksanaan Poros Maritim untuk menjadikan Indonesia sebuah negara maritim yang maju, mandiri, kuat yang mampu memberikan kontribusi positif bagi keamanan dan perdamaian dan menjaga kedaulatan negara, sesuai dengan kepentingan nasional. 

"Diharapkan dengan pertemuan bersama mahasiswa Indonesia, akan dihasilkan SDM yang andal dari berbagai latar belakang disiplin ilmu. Mereka memahami kebijakan pemerintah untuk menjadikan Indonesia poros maritim dunia," tutur  Simson.(san)

ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small

Job Posting

No job posted

Oil Price

Exchange Rate

All Category