Energy

Rizal Ramli “Mentah”-kan Proyek 35.000 MW

img title

Jakarta, petroenergy.id – Pemerintah meragukan target proyek 35.000 megawatte (MW) dapat terealisasi karena selain target itu tidak realistis, sejumlah konsesi listrik jatuh ke tangan mitra yang tidak kompeten alias tidak berpengalaman dan tidak memiliki ekuitas atau modal yang kuat untuk melanjutkan pembangunan proyek listrik tersebut.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Sumber Daya, Rizal Ramli, mengatakan, selain itu bila proyek 35 ribu MW direalisasikan akan terjadi kelebihan listrik, ini dapat membebani keuangan PT PLN karena harus membeli semua listrik yang telah diproduksi oleh IPP sesuai dengan Power Purchasing Agreement (PPA).

“Berdasarkan PPA, PLN harus bayar 70 persen atas listrik yang telah terbangun, digunakan atau tidak. Kalau itu dilakukan, PLN punya kewajiban membayar US$ 10,7 miliar per tahun. Ini akan menjadi kesulitan PLN. PLN sudah banyak bon, lalu ditambah kewajiban lain untuk sesuatu yang tidak digunakan,” kata Rizal Ramli di Jakarta, Selasa (31/5).

Sisi lain, Rizal Ramli melihat  bahwa di masa lalu proses negosiasi PPA yang memakan waktu 3-4 tahun. “Ini kan luar biasa konyolnya kalau proses negosiasi PPA saja 3-4 tahun. Inilah yang bikin proyek listrik di Indonesia lama sekali,” katanya, sambil menambahkan, “kini PLN dapat menekan lamanya proses negosiasi listrik PPA menjadi rata-rata 6 bulan.”

Terakhir, soal tarif listrik yang terlalu murah sehingga kurang menarik bagi investor. Menurut Rizal Ramli, disamakan dengan tarif listrik bahan bakar batu bara dihargai US$ 5-US$ 6 sen per KwH.

Rizal Ramli mengakui Presiden Joko Widodo telah mengetahui bahwa proyek 35 ribu MW tidak realistis dan sulit untuk direalisasikan. “Nah, Pak Presiden tadinya percaya 35 ribu MW masuk akal. Tapi, setelah diskusi lama dengan kami, dan beliau cek kiri kanan, tahu bahwa ini target yang kita upayakan seoptimal mungkin. Beliau memahami banyak kendala untuk mencapai itu,” tutup Rizal Ramli. mulkani

 

ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small

Job Posting

No job posted

Oil Price

Exchange Rate

All Category