Business

Rida Mulyana Hadiri Peluncuran Buku Panduan Sampah Energi

img title

Jakarta, petroenergy.id – Direktur Jenderal Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi (BTKE) Kementerian ESDM, Rida Mulyana, menyambut baik pelunuran Buku Panduan Sampah Menjadi Energi atau Guidebook Waste Energy yang diselenggaralan di Hotel Borobudur, Jakarta, Selasa (3/5).

Rida Mulyana mengatkan, buku pedoman ini penting  karena diharapkan bisa mendorong pembangunan pembangkit listrik tenaga sampah (PLTSa) di berbagai kota di Indonesia. 

Menurutnya, PLTSa penting untuk dikembangkan karena dapat menyelesaikan masalah sampah di perkotaan. Polusi, bau, pemandangan tak sedap yang ditimbulkan oleh tumpukan sampah bisa dihilangkan, bahkan diolah menjadi listrik.

Ketika menyampaikan sambutannya pada acara peluncuran buku panduan trsebut, Rida Mulyan lebih jauh mengatkan, sampah selalu terkait isu sosial, kesehatan, lingkungan. Selain itu sampah berbau, sumber polusi, dan tidak enak dilihat.

 “Kita pasti gregetan ini harus diapain. PLTSa bisa menghilangkan sampah, bonusnya listrik," kta  Rida Mulyana.

Ditegaskan, pengolahan sampah menjadi listrik ini merupakan bagian dari komitmen Indonesia mengurangi emisi karbon, sebagaimana disepakati dalam Konferensi Paris (COP21) pada akhir 2015. 

Ketika mnjawab prtanyaan wartawan terkait insentif, Rida Mulyana menjelaskan, aka nada berbagai insentif telah disediakan oleh pemerintah untuk menarik minat investor mengembangkan PLTSa di Indonesia, misalnya Permen ESDM Nomor 44 Tahun 2015 yang menetapkan Feed in Tariff sebesar US$ 18,77 sen/kWh utk listrik dari PLTSa. (Mulkani)

ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small

Job Posting

No job posted

Oil Price

Exchange Rate

All Category