Oil & Gas

Revisi PP No. 79 Langkah Pemerintah Ciptakan Iklim Investasi Kondusif

img title

Jakarta, petroenergy.id - Dirjen Migas Kementerian ESDM, IGN Wiratmaja Puja, mengatakan, data Kementerian ESDM  menunjukkan bahwa sejak tahun 2011, setahun PP nomor 79 Tahun 2010 diberlakukan, jumlah KKKS terus menurun akibat iklim investasi dirasakan kurang menarik, ditandai  lelang wilayah kerja migas sepi peminat.

“Buktinya dengan rezim yang ada sekarang, kita lelang 14 wilayah kerja, baru ditawar 4. Padahal, ketika dulu, tiap ada lelang, orang berebut,” kata Wiratmaja dikutip migas.esdm.go.id, Senin (26/9).

Revisi PP Nomor 79 Tahun 2010 tentang Biaya Operasi yang Dapat Dikembalikan dan Perlakuan Perpajakan Bagi Industri Hulu Migas, diharapkan dapat meningkatkan iklim investasi migas serta meningkatkan cadangan. Mengingat sejak tahun 2011 atau setahun setelah PP tersebut diterbitkan, jumlah KKKS terus menurun.

Menurutnya, dengan adanya revisi PP nomor 79 Tahun 2010 yang antara lain meniadakan pajak pada masa eksplorasi, ini menjadikan biaya lebih efisien dan menarik bagi investor.  Revisi PP No. 79 Langkah Pemerintah Ciptakan Iklim Investasi Kondusif. Pemerintah menargetkan IRR yang semula 11, 59%, meningkat menjadi 15,16%. Dengan IRR tersebut, maka Indonesia sama menarik dengan Malaysia dan Vietnam, meski masih di bawah Brunei Darussalam.

Sementara itu, mengenai insentif non fiskal untuk investor, Wirat menjelaskan, antara lain terbentuk kontrak sliding scale di mana Pemerintah mendapatkan hasil lebih apabila terdapat windfall profit. "Jadi, pada saat harga minyak tinggi, kita dapat bagian banyak. Tapi pada saat harga rendah, mereka (KKKS) dapat lebih banyak supaya operasional jalan," kata Wiratmaja Puja.

Kontrak berbentuk sliding scale sudah diberlakukan pada WK Perpanjangan Blok Mahakam di mana Pertamina bertindak sebagai operator mulai 1 Januari 2018. "Kalau dengan case Mahakam kan 85:15 (bagi hasil). Tapi kalau harga minyak rendah banget, (bagian) negara bisa turun.  Ada formulanya," tambahnya. (mk)

 

ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small

Job Posting

No job posted

Oil Price

Exchange Rate

All Category