Energy

PT SMI Dapat Dana Hibah Pengembangan Panasbumi Dari Bank Dunia

img title

Jakarta, PetroEnergy.id-- Direktur Panasbumi EBTKE, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Yunus Saefulhak menjelaskan bahwa PT Sarana Multi Infrastruktur (Persero) telah mendapat dana hibah dari Bank Dunia (World Bank) untuk pengembangan Panasbumi di Indonesia. 

"Nilai dana hibah ini sebesar USD 4,5 juta untuk  eksplorasi di tiga wilayah Panasbumi antara lain di area Wai Sano, Flores, Nusa Tenggara Timur, Songa-Wayaua di Maluku Utara, dan Gunung Sirung di Nusa Tenggara Timur," kata Yunus kepada media di Jakarta, Sabtu 17 September 2016.

Ditambahkannya; "Dana hibah tersebut untuk biaya melakukan survei pengeboran g‎eologi, geofisika dan geo kimia".

Skenarionya, lanjut Yunus, jika pengeboran tersebut berhasil temukan cadangan, maka wilayah tersebut akan ditetapkan sebagai lokasi pencarian. Selanjutnya wilayah tersebut akan dilelangkan oleh Pemerintah dan kemudian pengembang wilayah itu harus membayar biaya pengganti pengeboran. ‎

"Biaya pengganti dari pengembang ini akan kembali digunakan untuk pencarian uap panas bumi di wilayah lain," ujarnya.

Asal tahu saja, selain dengan PT SMI, Bank Dunia juga bekerja sama dengan PT. Pertamina Geothermal Energy (PT PGE) untuk  kapasitas pembangkit listrik hingga 150MW di lapangan panas bumi di Ulubelu, Sumatera Selatan dan Lahendong (Tompaso), Sulawesi Utara. Proyek USD 300 juta tersebut merupakan proyek pertama di kawasan Asia Timur yang didanai mekanisme Clean Technology Fund.(adi) 

ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small

Job Posting

No job posted

Oil Price

Exchange Rate

All Category