Business

PT Niteksindo Multitech Perkasa: Pangkas Biaya Coating Sampai 50%

img title

Jakarta, PetroEnergy.id -- Pekerjaan tank coating untuk kapal tanker pada 2009 masih didominasi perusahaan asing. Tapi setelah perusahaan nasional masuk ke sektor ini, dominasi itu direbut perusahaan nasional. Bahkan harganya bisa turun sampai 50%. Demikian disampaikan President Director PT. Niteksindo Multitech Perkasa, Jacobus Djuang, di Jakarta, dalam Pameran INAMARINE  2016, 18/5.

Menurut Jacobus, selama ini ada beberapa perusahaan lokal masuk ke sektor ini, tapi tidak berhasil. Sebab, ada perbedaan pekerjaan blasting yang hanya menggunakan compressor dan beberapa orang sudah menjalankan pekerjaan ini. Beda halnya dengan pekerjaan tank coating kapal tanker yang pekerjaannya menelan waktu sampai dua bulan lebih untuk pekerjaan coating kapal tanker baru.

Lebih lanjut ditambahkan, investasi alat di sektor ini pada modal, bisa mencapai puluhan milyar rupiah.  “Kami satu-satunya perusahaan yang mempunyai alat lengkap, sementara perusahaan sejenis lainnya umumnya menyewa,” ujarnya kepada PE serius.

Selama ini, kata Jacobus, tingkat kepedulian pemilik project masih rendah  terhadap pekerjaan coating. Padahal bila pekerjaan coating ditangani secara benar dan sesuai dengan standard yang dikeluarkan IMO (International Maritime Organization), maka usia kapal bisa mencapai 15 tahun baru mengalami korosi. Sedangkan bila pekerjaan ini ditangani tanpa memenuhi standard yang telah ditetapkan, maka dalam tempo dua tahun-an badan kapal sudah mengalami karatan, sehingga biaya maintenance jauh lebih mahal.

“Kini pekerjaan coating di sektor offshore seluruhnya dapat ditangani perusahaan nasional. Namun demikian, bila standard mutu tidak dijaga, bukan tidak mungkin perusahaan asing masuk kembali ke sini,” katanya menutup percakapan. (Yuniman)

ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small

Job Posting

No job posted

Oil Price

Exchange Rate

All Category