Global

PT Biro Klasifikasi Indonesia Jadi Anggota IACS

img title

Jakarta, PetroEnergy.id - PT Biro Klasifikasi Indonesia (Persero) tidak lama lagi akan resmi sebagai anggota International Association of Classification Society (IACS), sebuah badan internasional yang memiliki otoritas mengeluarkan klasifikasi perkapalan.Hal ini ditandai oleh keberangkatan Ketua Majelis Biro Klasifikasi Indonesia, Dr Marsetio dan Wakil Ketua Rudiyanto ke London pada 6 Juli 2016 dalam rangka memastikan proses masuknya PT BKI.

Keberangkatan ke markas IACS ini tentu saja telah didahului serangkaian proses di Tanah Air, termasuk adanya restu dari Presiden Jokowi yang telah seratus persen mendukung upaya BKI menjadi anggota IACS.

“Kami berterimakasih kepada Presiden Jokowi karena mendukung penuh upaya BKI. Ini merupakan sejarah pertama kalinya Presiden betul-betul memperhatikan BKI,” ungkap Marsetio dalam keterangan pers yang diterima belum lama ini di Jakarta.

Ditambahkannya, dengan adanya dukungan penuh dari Presiden Jokowi, maka tugas Majelis BKI akan jauh lebih mudah. Pasalnya, BKI pada dasarnya telah memenuhi persyaratan menjadi anggota IACS. Adapun kriteria minimum yang harus dipenuhi BKI bila ingin menjadi anggota IACS secara penuh adalah minimal berpengalaman selama 30 tahun. Seperti diketahui, BKI telah berpengalaman sekira setengah abad, sejak berdiri pada 1964. Kedua, memiliki register kapal ‘sea going’ sebanyak 1.500 unit kapal.

Saat ini BKI telah meregister lebih dari 12 ribu kapal berbendera Indonesia, di antaranya sekitar 700 unit kapal dengan rute pelayaran internasional.

Kemudian, total gross tonnage kapal yang teregister adalah 8 juta ton untuk kapal berbobot 100GT lebih, sementara BKI telah meregister lebih dari 10 juta GT kapal berbobot 100 GT lebih. Terakhir, memiliki 150 orang surveyor yang expert di bidangnya dan 100 orang staf teknik. Saat ini, BKI telah membuka 20 unit kantor cabang di seluruh Indonesia, dengan jumlah surveyor lebih dari 150 orang. “Sehingga secara administrasi BKI telah memenuhi syarat. Semoga dalam waktu cepat BKI bisa segera diakui sebagai anggota IACS,” tandas Marsetio.(adi)

ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small

Job Posting

No job posted

Oil Price

Exchange Rate

All Category