Other

Produksi Batubara Dipatok 413 Juta Ton

img title

Jakarta, petroenergy.id - Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menargetkan produksi batu bara tahun 2017 sebesar 413 juta ton. Angka ini lebih kecil dibanding target tahun 2016 sebesar 434 juta ton.  Dari jumlah tersebut, sebanyak 81,72 ton dialokasikan untuk kebutuhan dalam negeri (Domestic Market Obligation/DMO). Sisanya diekspor.

Sejalan dengan itu, tahun ini akan banyak Izin Usaha Pertambangan (IUP) skala kecil memasuki masa eksploitasi.  Jika target produksi dibatasi, menurut Direktur Jenderal Mineral dan Batubara, Kementerian ESDM, Bambang Gatot Ariyono,  pemerintah perlu menahan aktivitas pertambangan IUP. Namun menurutnya, hal itu sukar dilakukan mengingat sebagian besar IUP kecil telah melakukan studi kelayakan (feasibility study) hingga konstruksi pertambangan.

Kendati tak menyebut angkanya, namun angka gabungan produksi IUP kecil ini dianggapnya sangat signifikan. "Kenyataannya banyak izin kecil tidak bisa ditahan untuk produksi. Memang sebagian masih IUP eksplorasi dan belum berproduksi, namun akan terjadi peningkatan yang luar biasa," ujarnya beberapa waktu lalu di Jakarta.

Bambang menambahkan, produksi batu bara sangat penting agar Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) Mineral dan Batubara tahun 2017 sebesar Rp45,2 triliun bisa dicapai. Apalagi, pemerintah juga ingin memanfaatkan kenaikan harga batu bara dalam beberapa waktu terakhir.

Kementerian ESDM merilis Harga Batubara Acuan (HBA) untuk Desember sebesar US$101,69 per metrik ton. Angka ini melesat 19,79 persen  dibandingkan posisi bulan sebelumnya US$84,89 per metrik ton, dan merupakan titik tertinggi dalam empat tahun terakhir.

Adapun realisasi produksi batu bara hingga November 2016 sebesar 283,93 ton, namun diproyeksikan akan  mencapai target  434 juta ton karena belum adanya laporan dari beberapa daerah. (san)

 

ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small

Job Posting

No job posted

Oil Price

Exchange Rate

All Category