Maritime

Presiden World Maritime University Kagumi Potensi Maritim Indonesia

img title

Jakarta, petroenergy.id – President World Maritime University (WMU) Dr. Cleopatra Doumbia-Henry melakukan kunjungan kerja guna bertukar pendapat mengenai sistem pendidikan kemaritiman di Indonesia, khususnya sektor perikanan.

Salah satu yang dikunjungi pada Rabu (5/4/2017) adalah Sekolah Tinggi Perikanan (STP) di Jakarta. Di sekolah ini, Cleopatra   membahas peluang kerja sama dengan STP, antara lain melalui pendidikan di WMU. “Kami mendidik anak-anak kami terkait dengan kemaritiman, seperti membawa kapal dan menangkap ikan. Mudah-mudahan banyak yang bisa dikerjasamakan terkait perikanan, misalnya di WMU terdapat program Maritime Law and Policy, yang dapat dikerjasamakan,” ujar Ketua STP Mochammad Heri Edy.

Cleopatra juga menyatakan rasa kagum dengan potensi maritim Indonesia. Ia menyatakan, negara ini merupakan negara kepulauan terbesar di dunia yang sangat kuat. Potensi tersebut perlu dimanfaatkan secara optimal, antara lain melalui pengembangan SDM.

Potensi Indonesia tersebut antara lain memiliki laut yang sangat luas mencapai 2/3 wilayahnya, garis pantai terpanjang kedua di dunia, terumbu karang yang sangat luas yang termasuk ke dalam wilayah segitiga terumbu karang, serta beragam kekayaan sumberdaya kelautan dan perikanan.

Asisten Deputi Pendidikan dan Pelatihan, Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman, Dr. TB. Haeru Rahayu yang ikut serta dalam kunjungan itu mengatakan, Kemenko Maritim telah menandatangani kerja sama dengan WMU tentang pendidikan dan pelatihan kemaritiman. Salah satu hasil kerja sama adalah ditetapkannya kuota bagi 15 orang mahasiswa Indonesia untuk berkuliah di WMU. Kuota tersebut saat ini baru terpenuhi sebagian. (san)

 

ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small

Job Posting

No job posted

Oil Price

Exchange Rate

All Category