Energy

Presiden Gorundbreaking PLTU Lontar 1x315 Mw Unit 4

img title

Jakarta, PetroEnergy.id -- Presiden RI Joko Widodo melakukan groundbreaking proyek PLTU Lontar 1x315 MW Unit 4 pada hari ini Jum'at (10/06/2016) di desa Lontar, kecamatan kemiri, Tanggerang-Banten. PLTU Unit 4 ini merupakan lanjutan dari proyek existing PLTU Unit 1,2 dan 3 dengan kapasitas total sebesar 3 x 315 MW yang saat ini telah beroperasi dan diproyeksikan selesai pada 2019 mendatang.

Pembangunan PLTU Lontar unit 4 kapasitas 315 MW ditandatangani pada 17 september 2015 dengan efektif kontrak 1 april 2016 dan merupakan aset milik PLN atau EPC dengan nilai kontrak sebesar US$225 juta, ¥18 milyar dan Rp1,58 triliun.

Dibangun di atas tanah seluas 11 hektar persegi, PLTU Unit 4 Pembangunannya dilaksanakan oleh pemenang tender, yakni Sumitomo Corporation, Black and Veatch International Company dan juga menggandeng kontraktor lokal PT Satyamitra Surya Perkasa. Pendanaan PLTU Unit 4, PLN mendapatkan dari JBIC, dimana pendanaan langsung diberikan kepada PLN tanpa jaminan Pemerintah. Pola pendanaan seperti ini baru pertama kali dilakukan oleh PLN dengan pihak Jepang.

Kapasitas PLTU ini sebesar 1x315MW dan memasok 3 subsistem untuk wilayah DKI Jakarta dan Banten yakni subsistem Balaraja, Subsistem Kembangan serta Subsistem Muara Karang-Gandul.“Seluruh kesiapan pembangunan telah kami selesaikan. Nantinya pasokan dari Lontar Unit 4 akan memperkuat sistem Jakarta-Banten dan akan masuk sub sistem Balaraja,” ujar Direktur Utama PLN Sofyan Basyir, melalui siaran pers, Jum'at (10/06/2016).Sementara itu, terkait dengan permasalahan kesiapan tanah, pihak pengembang dan PLN telah berhasil menyelesaikan land clearing dan siap melakukan pembangunan.

“Seluruh kesiapan pembangunan telah kami selesaikan. Nantinya pasokan dari Lontar Unit 4 akan memperkuat sistem Jakarta-Banten dan akan masuk sub sistem Balaraja,” ujar Direktur Utama PLN Sofyan Basyir, melalui siaran pers, Jum'at (10/06/2016).

"Dengan adanya PLTU lontar extention 315 MW PLN menargetkan bisa menambah pelanggan baru hingga 206 ribu pelanggan dan dapat menyerap tenaga kerja lebih dari 3000 orang . Hal ini tentu dapat memberikan dampak ekonomi yang cukup significant diarea lokasi proyek," imbuh Sofyan.(adi)

ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small

Job Posting

No job posted

Oil Price

Exchange Rate

All Category