Energy

Presiden Diminta Tidak Membuat Keputusan Strategis Sebelum UU Minerba Baru Disahkan

img title

petroenergy.id, Jakarta – Rancangan Undang –Undang (RUU) Minerba seharusnya sudah menjadi UU yang baru. Namun, karena  pengaruh oligarki  oknum pemilik konsesi tambang eksisting dan politisi, RUU Minerba ini tidak berjalan sebagaimana mestinya.

Demikian antara lain pendapat para narasumber  yang tampil sebagai pembicara pada  seminar "Pengelolaan Pertambangan Minerba Konstitusional" yang diprakarsai IRESS yang berlangsung di Hotel Ibis Thamrin, Jakarta, Senin (11/2/2019).

Tampil sebagai narasumber pada seminar terebut adalah Dr. Simon F Sembiring, (matan Dirjen Minerba), Dr. Ryad Khairil (Eralaw), Tito Adhiyanto (Pengamat Pertambangan), dan Dr. Marwan Batubara (IRESS).

“RUU Minerba akan menjadi titik tolak perbaikan pengelolaan sumber daya alam (SDA) Minerba di masa-masa  mendatang. Oleh karena itu,  RUU Minerba  ini diusulkan untuk membuat ketentuan rinci tentang peran pengelolaan oleh  BUMN, pemilikan aset cadangan terbukti, skema kontrak, skema divestasi,” kata Marwan Batubara.

Marwan Batubara  menjelaskan, UU Minerba yang baru harus sejalan aspek penguasaan negara menurut Pasal 33 UUD 1945. Untuk itu, IRESS merekomendasikan agar RUU Minerba  ini  memuat ketentuan-ketentuan  strategis.

“Ketentuan-ketentuan strategis yang dimaksud, antara lain pertama aset cadangan terbukti SDA minerba, kedua BUMN harus berperan sebagai kustodian atas aset-aset cadangan SDA minerba tersebut,” kata Marwan Batubara.

Dalam kesempatan itu, hampir semua pembicara menyayangkan soal tertundanya pembahasan RUU Minerba. Menurut mereka dengan belum diundangkannya UU Minerba baru, maka  ketentuan tentang penguasaan negara atas pertambangan belum terakomodasi dengan optimal seperti yang dimaksudkan dalam Pasal 33 UUD 1945.

Oleh karean itu, baik Simon Sembiring maupun Marwan Batubara mengharapkan agar Presiden Joko Widodo tidak membuat keputusan  strategis bidang pertambangan terlebih dahulu sebelum UU Minerba baru disahkan. “Ini, adalah sebuah harapan saja bahwa sebaiknya Presiden tidak mengambil keputusan dulu,” kata Simon Sembiring ketika menjawab pertanyaan petroenergy.id. (MK)

ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small

Job Posting

No job posted

Oil Price

Exchange Rate

All Category