Oil & Gas

Presiden: Blok Masela Berikan Multiplier Effect

img title

Jakarta, petroenergy.id  -  Presiden Joko Widodo  kembali menegaskan, pengembangan Blok Masela harus memberikan manfaat yang sebesarbesarnya bagi rakyat dan membuka lapangan pekerjaan yang signifikan. Oleh karena itu ia memutuskan pengelolaan gas abadi Blok Masela dibangun di darat bukan di laut agar dapat memberikan multiplier effect.

Dikutip  situs resmi setkab edisi Selasa,  Presiden Joko Widodo mengatakan,  “Saya sudah turunkan intelejen untuk mendengarkan  suara  rakyat di Maluku.  Dari sini mendapat laporan bahwa rakyat menghendaki darat,” katanya .

Terkait dengan pengelolaan Blok Masela, Presiden  minta disain kewilayahan tepat. Dicontohkannya, seperti yang terjadi di Bontang, dimana kawasan Bontang menjadi enclave yang tumbuh sendiri di luar lingkungannya.

“Di darat kalau tidak didesain yang baik, jadinya juga tidak baik juga. Apalagi jika di laut,  ini nanti menjadi super enclave, jadi rakyat hanya lihat dari jauh,” ujar Joko Widodo.

Diakuinya, pengembangan Blok Masela  dari sisi investor, inginnya di laut. Tapi, dari sisi pembangunan regional, Blok Masela akan lebih memberikan multiplier effect yang besar di darat, demikian Presiden.

Presiden mengharapkan putra-putri daerah Maluku dapat berperan dalam pengelolaan Blok Masela ketika selesai dibangun nanti pada tahun 2024, khususnya di bidang partisipasi sumber daya manusia (SDM).

“Ini dibangun sekitar 8 tahun yang akan datang. Masyarakat Maluku harus siap jangan sampai saya nanti SDM-nya dari luar,” tandas Presiden. (nissa/mk)

 

ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small

Job Posting

No job posted

Oil Price

Exchange Rate

All Category