Maritime

Presdir Baru Pertamina Harus Perbanyak Pengadaan Kapal Baru Dari Pada Carter

img title


Jakarta, petroenergy.id -- Presiden FSPPB (Federasi Serikat Pekerja Pertamina Bersatu) Noviandri menginginkan nantinya President Direktur PT Pertamina (Persero) yang baru perbanyak pengadaan  kapal-kapal Pertamina. Pasalnya walau saat ini Pertamina kuasai pasar domestik, Pertamina masih banyak kekurangan kapal untuk mendistribusikan minyak keberbagai daerah sehingga harus carter kepada perusahaan shipping.

"Bisnis hilir tak bisa dipisahkan dari shipping. Untuk itu kami inginkan Dirut baru pikirkan soal kapal ini dan kalau perlu memperbanyak pengadaan kapal sebab saat ini Pertamina masih mencarter sebanyak 200 kapal dari berbagai perusahaan galangan kapal. Sedangkan biaya carternya mahal  sebesar USD 42.000 per hari," jelasnya kepada petroenergy di Kantor Pusat Pertamina (28/2) di Jakarta.

"Dengan Pertamina ada berbagai kapal baru milik sendiri maka akan lebih efisien juga. Dan dengan hanya mengandalkan carter kapal maka tidak akan membuat baik Pertamina sebab ujung-ujungnya Pertamina tak miliki kapal itu," tambahnaya.


Novi menjelaskan, jika pembelian atau pengadaan berbagai kapal baru dianggap mahal, maka ada solusi yaitu memakai sistem BBHP (Bare Boat High Purchase) atau sewa beli yang bisa diterapkan kembali. Sistem BBHP yang menyerupai leasing sehingga setelah 10 tahun kemudian kapal tersebut bisa dimiliki.

"Dengan sistem ini akan lebih baik dari pada hanya mengadakan carter kepada perusahaan galangan kapal swasta. Jadi ini sebenarnya solusi agar Pertamina bisa mudah beli kapal karena ada sharing resiko.  Selain itu jika menggunkan BBHP Pertamina hanya bayar sebesar USD 37.000 per hari," tandasnya.

Asal tahu saja Pertamina saat ini sudah meimiliki 76 kapal pengangkut minyak dan produk dengan berbagai ukuran guna memenuhi kebutuhan energi nasional.(adi)

ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small

Job Posting

No job posted

Oil Price

Exchange Rate

All Category