Energy

Polemik Akuisi PGE Oleh PLN Berlanjut

img title

 

Jakarta, PetroEnergy.id – Direktur IESR, Fabby Tumiwa mempertanyakan kepada Kementrian BUMN (Badan Usaha Milik Negara) tujuan strategis dari akusisi PT Pertamina Geothermal Energi (PGE) oleh PT PLN (Perusahaan Listrik Negara).

“Saya lihat dari sisi kinerja bisnis, PGE cukup solid dan baik. Rencana bisnisnya cukup baik juga. Ini justru berbanding terbalik dari kinerja anak perusahaan geothermal yang dimiliki PLN,” kata dia kepada PetroEnergy Jumat 12 Agustus 2016.

Jadi, katanya, PLN sejauh ini tidak berhasil mengembangkan panas bumi, berdasarkan pengalaman dengan Geodipa Energi dan PLN Geothermal. “Saya khawatir  nasib PGE juga tidak berkembang kalau diletakan dibawah PLN,' tambah dia.

Menurut saya, lanjut Fabby, kalau memang ini dilakukan untuk mengejar 7000 MW, PGE justru lebih baik di-spin off dan jadi perusahaan sendiri supaya lebih gesit.

Sebab dari sisi kepentingan nasional dan tujuan pengembangan panas bumi yg cepat dan murah, ide untuk mengakusisi PGE oleh PLN tidak feasible. “Dari rencana ini PLN pasti diuntungkan secara asset. Namun tidak bagi PGE dan Pertamina.

Sementara itu, Rida Mulyana, Direktur Jenderal EBTKE Kementerian ESDM memperkirakan wacana tersebut hanya tes ombak saja. “Saya juga belum diberitahu soal ini. Saya belum bisa komentari ini” katanya  saat acara konferensi pers IIGCE 2016 di JCC Jakarta, Rabu (10/08) .

Lain halnya dengan Direktur Utama PLN Sofyan Basir berbicara kepada media di IIGCE 2016. Ia menyatakan rencana akuisisi PGE oleh PLN ternyata memang sudah dibicarakan di Kementerian BUMN.

Sofyan bahkan memastikan bahwa rencana akuisisi PGE oleh PLN pasti akan dilakukan antara tahun ini sesuai perintah Menteri BUMN.  “Tapi akuisisi sahamnya tidak keseluruhan hanya 50 persen buat PLN dan 50 persen lagi buat Pertamina supaya ada independensianya. ,” tukas Sofyan di JCC Jakarta, Rabu (10/08) .

ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small

Job Posting

No job posted

Oil Price

Exchange Rate

All Category