Oil & Gas

PoD Blok Kasuri Belum Disetujui Terhalang Harga Gas Rendah

img title

Jakarta, petroenergy.id - PoD Genting Oil Kasuri Pte Ltd di Blok Kasuri, Papua Barat, belum mendapat persetujuan dari Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas).

Menurut Kepala Bagian Humas SKK Migas Taslim Z. Yunus, PoD-nya masih dalam tahap pembahasan. Saat dikonfirmasi, masalahnya apa sehingga PoD belum mndapat persetujuan SKK Migas, Taslim, memberikan alasan bahwa pemberiligasnya belum ada.

“Masalahnya sekarang pembeli gasnya belum jelas,” kata Taslim  Z .Yunus Jakarta, Senin ( 26/9).

Menurut Taslim, sebenarnya,  sudah ada beberapa perusahaan yang menawarkan untuk membeli gas tersebut, salah satunya adalah Ferrostaal. Perusahaan ini membutuhkan gas karena ingin membangun pabrik Petrokimia di Teluk Bintuni, akan tetapi harga penawaran Ferrostaal masih terlalu rendah.

Taslim mengatakan, harga penawaran Ferrostaal masih rendah belum mencapai harga keekonomian. Selin itu ada juga PT Pupuk Indonesia. ”Tapi, nanti akan dilihat lagi, apa Pupuk Indonesia yang mau bangun duluan. Yang jelas kami ingin komersialitas dari lapangan cepat,” kata Taslim.

 

SKK Migas berharap PoD Blok Kasuri bisa selesai tahun ini. Sehingga, perkiraannya proyek tersebut berproduksi pada akhir 2019. Produksi gas dari Blok Kasuri diperkirakan mencapai 285 juta kaki kubik per hari (mmscfd) dari Lapangan Merah, Lapangan Asap, dan Lapangan Kido.

Namun, proposal ini harus mendapat persetujuan dari Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral karena merupakan pengembangan lapangan pertama di Blok Kasuri. Hal tersebut sesuai dengan Peraturan Pemerintah Nomor 35 Tahun 2004 tentang kegiatan usaha hulu minyak dan gas bumi.

Taslim mengatakan Genting tidak masalah jika produksi gas dari Blok Kasuri dialokasikan untuk domestik semua. "Tidak ada keharusan dia harus eskpor berapa persen," kata Taslim.

Sementara, perusahaan asal Malaysia itu telah mengeluarkan investasi sebesar US$ 900 juta. Dana tersebut digunakan untuk mengebor 10 sumur eksplorasi pada tiga lapangan di Blok Kasuri, yakni Lapangan Merah, Lapangan Asap, dan Lapangan Kido.  (mk)

 

 

ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small

Job Posting

No job posted

Oil Price

Exchange Rate

All Category