Energy

PLTU Pulang Pisau Perkuat Listrik Kalteng dan Kalsel

img title

Jakarta, PetroEnergy.id -- Direktur Bisnis Regional Kalimantan PLN Djoko R. Abumanan menyatakan bahwa PT PLN (Persero) telah melakukan penambahan kapasitas pembangkit listrik hingga 60 Megawatt (MW) yang diperoleh dari Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Pulang Pisau dengan daya terpasang 2 x 60 MW dengan nilai investasi sekitar Rp 1,9 Trilyun.

PLTU yang sedang tahap pengujian sebelum dioperasikan pada awal Juli mendatang ini, dibangun di Desa Buntoi, Kecamatan Kahayan Hilir, Kabupaten Kuala Kapuas, Kalimantan Tengah. PLTU ini rencananyan untuk menambah kapasitas terpasang listrik bagi Provinsi Kalimantan Selatan dan Kalimantan Tengah.

Pasokan listriknya akan disalurkan ke Sistem Kelistrikan Barito melalui Saluran Udara Tegangan Tinggi (SUTT)150 kilo Volt (kV) Double Phi Connection yang memotong jalur Kuala Kapuas – Palangka Raya. PLTU Pulang Pisau adalah jenis pembangkit yang mengandalkan energi kinetik dari uap untuk menghasilkan energi listrik.

“Kami harapkan pembangkit baru ini dapat beroperasi dengan baik. Saat ini satu unit mesin sedang dalam masa uji coba ketahanan, meski demikian daya listrik yang dihasilkan sudah masuk sistem kelistrikan. Namun karena mesin baru jadi masih mengalami baby syndrome dimana mesinnya kerap keluar masuk sistem,” ujar Direktur Bisnis Regional Kalimantan PLN Djoko R. Abumanan lewat keterangan persnya hari Minggu 5 Juni 2016 di Jakarta.(adi)

 

ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small

Job Posting

No job posted

Oil Price

Exchange Rate

All Category