Other

Plt. Menteri ESDM, Marwan Batubara: Luhut Binsar Panjaitan Memiliki Banyak ‘Conflict of Interest’

img title

Jakarta, petroenergy.id - Direktur Eksekutif Indonesian Resources Studies (IRESS), Marwan Batubara meminta Presiden Joko Widodo segera mengangkat Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) definitive pengganti Arcandra Tahar. Sebab, dengan mempertahankan Luhut Binsar Panjaitan sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Menteri ESDM,  ini diragukan oleh rakyat karena di situ terdapat banyak konflik interes (conflict of interest).

“Saya mohon pak Presiden, Joko Widodo, segeralah membentuk dan mengangkat Menteri ESDM definitive. Sebab, dengan kondisi saat ini dimana sektor besar yang hanya dikendalikan oleh seorang menteri berjabatan   Plt., tidak efektif dan akan mengganggu hal-hal yang berkaitan dengan kebijakan strategis,” kata Mawan Batubara ketika ditanya wartawan usai ia menghadiri deklarasi Rumah Amanah Rakyat, di Jakarta, Rabu (24/8).

Menurutnya, selain kinerja menteri Plt. tidak efektif, juga Luhut Binsar Panjaitan dikenal luas masyarakat sebagai pejabat Negara yang memiliki banyak kepentingan di sektor energi. “Masyarakat tahu kalau Pak Luhut itu memiliki banyak usaha di sektor energi. Nah, ini tentu akan terjadi banyak konflik interes. Oleh karena itu, sekali lagi, mohon Pak Jokowi, bentuklah Menteri ESDM definitive,” tandas Marwan Batubara.

Kepada wartawan, Marwan, menjelaskan bahwa tidak sulit untuk memilih kriteria menteri ESDM yang relevan dan sesuai dengan kebutuhan sektor besar yang bernama energi dan sumber daya mineral. Pertama, jangan pilih orang dari partai politik manapun. Kedua, pilihlah orang yang menguasai permasalahan di sektor besar ini, dan ketiga pilih orang yang bersih, jujur, cerdas dan beradab.

“Jangan pilih orang dari partai politik. Kriteria ini penting sebab dengan ini pula sektor ESDM akan berkembang dan menghasilkan banyak manfaatnya untuk rakyat. Pilih kriteria kedua dan ketiga… kita masih memiliki putra-putri yang cerdas, jujur dan bersih,” kata Marwan Batubara.

Ketika ditanya wartawan terkait deadline yang tepat bagi Presiden Joko Widodo mengangkat Menteri ESDM definitive, Marwan Batubara, menejelaskan, sebaiknya sampai akhir September 2016, alasannya banyak agenda politik di DPR yang akan melibatkan kapasitas Menteri ESDM. (mulkani)

 

ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small

Job Posting

No job posted

Oil Price

Exchange Rate

All Category