Energy

PLN Siagakan Sistem Kelistrikan Sulut-Go Menjelang Natal dan Tahun Baru 2019

img title

 

 

 Petroenergy.id. Manado, 19 Desember 2019 - Sebagai bentuk upaya menyukseskan perayaan Natal dan menyongsong Tahun Baru 2019, PT PLN (Persero) Unit Induk Wilayah Suluttenggo melakukan sejumlah persiapan untuk meminimalisir adanya gangguan, yaitu pemeliharaan jaringan distribusi meliputi pemangkasan pohon dan penggantian material yang difokuskan pada dua bulan sebelum Natal. PLN juga melakukan apel gelar pasukan PDKB Siaga Natal pada Kamis (6/12) di sejumlah Unit Pelayanan Pelanggan. Selain itu, PLN membuat 53 Posko Siaga Natal yang tersebar di wilayah Sulut, Sulteng dan Gorontalo. Sebanyak 2.656 orang personil juga disiagakan, yang terdiri dari pimpinan, pengawas, pengatur dan pelaksana.

Dirjen Ketenagalistrikan Kementerian ESDM Dr. Ir. Andy Noorsaman Sommeng, Direktur PLN Bisnis Regional Sulawesi Syamsul Huda, General Manager PLN UIW Suluttenggo Edison Sipahutar, General Manager PLN Unit Induk Pembangkitan dan Penyaluran (UIKL) Sulawesi Purnomo dan General Manager PLN Unit Induk Pembangunan (UIP) Sulawesi Bagian Utara Sigit Witjaksono melakukan kunjungan kerja pada kompleks Pembangkit PLTU Amurang, Kapal Pembangkit Zeynep Sultan dan Unit Pelaksana Penyaluran dan Pengatur Beban (UP3B) Sistem Minahasa pada Selasa (18/12), untuk memastikan kesiapan PLN menjelang Natal di Sulawesi Utara dan sekitarnya.

“Saat ini kami sedang dalam kunjungan ke LMVPP Zeynep Sultan, untuk melihat dan memastikan kondisi pembangkit tersebut karena sebulan yang lalu mengalami gangguan pada pipa uapnya sehingga sempat mengalami trip. Setelah melihat dan diskusi tadi untuk suplai listrik daerah Sulawesi Utara dan Gorontalo masih dalam keadaan normal. Mudah-mudahan di hari natal dan tahun baru kecukupan listrik wilayah Sulutgo dapat terpenuhi,” ujar Andy.

“Secara umum sistem kelistrikan di Sulawesi siap menghadapi siaga Natal dan Tahun Baru 2019, jadi seminggu sebelum Natal dan setelah Natal tahun baru kami berharap masyarakat bisa menikmati masa liburan panjang karena dua event tersebut. Dan teman-teman PLN sudah mempersiapkan semuanya, hari ini kami mengunjungi kapal Zeynep sultan serta berdialog dengan operator disini, dan sudah menunjukkan kesiapan yang bagus. Sehingga diharapkan pada Natal dan Tahun Baru tidak ada gangguan yang dapat mengganggu masyarakat masyarakat dalam merayakan Natal dan Tahun Baru,” jelas Huda.

Sistem kelistrikan interkoneksi Sulawesi Utara - Gorontalo memiliki cadangan daya hingga mencapai 56 Mega Watt (MW), dimana daya mampu pembangkitan kita sebesar 441 MW dan perkiraan Beban Puncak yaitu 387 MW, sedangkan sistem kelistrikan Sulawesi Tengah saat ini juga memiliki cadangan daya mencapai 37 MW, dengan daya mampu sebesar 157 MW dan perkiraan beban puncak 121 MW.

“Kami himbau juga kepada masyarakat agar tetap memperhatikan kemanan instalasi rumah masing-masing. Terlebih dengan adanya penambahan beban lampu-lampu dan sound sistem, hal ini untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan. Semoga perayaan Natal dapat berjalan lancar dan semestinya, Selamat Natal 2018 dan Tahun Baru 2019,” tutup Huda. (Mk)

ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small

Job Posting

No job posted

Oil Price

Exchange Rate

All Category