Energy

PLN Launching Listrik Perdesaan di Pulau Nusmapi   

img title

Manokwari, petroenrgy.id - PLN Wilayah Papua dan Papua Barat (WP2B) kembali melakukan launching listrik desa/kampung yang berpusat di salah satu pulau di Manokwari yaitu Pulau Nusmapi. Sebelumnya PLN WP2B juga telah melakukan launching yang berpusat di Jayapura, kemarin, Kamis (15/12)

Melistriki desa/kampung ini adalah salah satu dari program "Papua Terang 2020" dimana sekitar 2.500 desa yang harus dilistriki hingga 2019 mendatang oleh PLN di Provinsi Papua dan Provinsi Papua Barat. Hingga saat ini desa yang sudah berlistrik sejumlah kurang lebih 1.200 desa di Papua dan Papua Barat.

"Dalam program Papua Terang ini yaitu bertujuan meningkatkan Rasio Elektrifikasi di Papua dan Papua Barat. Hari ini dalam program tersebut kami melaunching 60 desa/kampung di Papua dan Papua Barat yang salah satunya Pulau Nusmapi (Pulau Lemon) ini. Di Papua Barat sendiri sekitar 42 desa yang kami resmikan dimana saat ini 40 terlebih dahulu dan 2 sisanya akan menyusul sebelum natal nanti dan dalam melistriki desa/kampung ini kurang lebih sekitar 2.500 pelanggan yang akan menikmati listrik," ucap General Manager PLN WP2B saat memberikan laporan.

Dengan bertemakan "Kado Natal PLN Untuk Tanah Papua", ini merupakan salah satu upaya PLN untuk menerangi desa/kampung yang belum menikmati listrik sehingga pada malam puncak natal nanti masyarakat dapat menikmati listrik. Meskipun saat ini hanya 6-12 jam menyala, namun hal tersebut sudah membuat masyarakat merasa bangga dengan hadirnya PLN di desa/kampung yang mereka tinggalkan. 

"Hari ini merupakan hari sebagai jawaban kami dari PLN kepada bapak Gubernur Provinsi Papua Barat dimana pesan bapak Gubernur pada beberapa waktu lalu agar PLN dapat melistriki Pulau ini. Dengan program Papua Terang 2020, maka masyarakat di Pulau Nusmapi ini dapat menikmati listrik. Untuk tahun 2017 nanti, kami menganggarkan tidak kurang dari 1,7 triliun dana yang akan diberikan untuk melistriki kurang lebih 390 desa dan 9 ibu kota kabupaten yang belum berlistrik PLN di Papua dan Papua Barat," ujar Direktur Bisnis Regional Maluku dan Papua Haryanto W.S

Acara yang dihadiri Gubernur Papua Barat ini, disambut dengan antusias dari seluruh masyarkat yang ada di Pulau tersebut. Haryanto WS juga meminta dukungan dari Gubernur Papua Barat dan seluruh SKPD yang ada agar dalam pembangunan kelistrikan kedepannya terutama terkait dengan lahan dan jaringan listrik.

"Adanya program Papua Terang sebagai bagian dari program Indonesia Terang merupakan salah satu wujud PLN untuk menerangi Tanah Papua ini. Kami dari Pemerintah mengucapkan terima kasih kepada PLN karena telah memberikan listrik kepada desa/kampung di Papua Barat ini sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan dan taraf hidup masyarakat yang ada di Papua Barat. Saya juga berpesan kepada PLN agar dapat memberikan perhatian lebih kepada Papua Barat khususnya Manokwari yang merupakan ibu kota provinsi", kata Gubernur Papua Barat Abraham Oktavianus Atururi

PLN akan terus berusaha agar desa/kampung yang hingga saat ini belum menikmati listrik dapat segera menikmati listrik dengan program Papua Terang yang sedang berlangsung. Dukungan dan kerjasama baik dari masyarakat dan seluruh stakeholder yang ada merupakan harapan PLN dalam membangun kelistrikan di Tanah Papua ini. (mk)

ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small

Job Posting

No job posted

Oil Price

Exchange Rate

All Category