Energy

PLN Distribusi Jawa Barat Terus Akselerasi Jabar Caang

img title

Sumedang, petroenergy.id - Kendati tingkat rasio elektrifikasi Provinsi Jawa Barat merupakan salah satu yang tertinggi di Indonesia, masih banyak warga di beberapa daerah di provinsi ini yang belum terlistriki. Hingga Desember 2016, rasio elektrifikasi di Jawa Barat tercatat sudah mencapai 96,8 %. PLN bekerjasama dengan pemerintah berupaya untuk mewujudkan target Jabar Caang di tahun 2018.

Di tahun 2016, realisasi Program Listrik Pedesaan di PLN Distribusi Jawa Barat mencapai 243 desa/perkampungan, dengan 116 buah gardu serta total daya tersambung mencapai 7.700 kilo Volt Ampere (kVA). Sementara itu, panjang jaringan tegangan menengah (JTM) yang berhasil dibangun sepanjang 87,66 kms dan panjang jaringan tegangan rendah (JTR) sepanjang 375,94 kms. Total anggaran yang terserap untuk membangun gardu dan jaringan listrik dalam Program Listrik Pedesaan tahun 2016 mencapai Rp 70,9 miliar.

Adapun wilayah Kabupaten/Kota yang menjadi prioritas PLN dalam mencapai Jabar Caang ini antara lain Pangandaran, Tasikmalaya, Garut, Indramayu, Cianjur, Majalengka, Sukabumi serta sebagian kecil wilayah di Kabupaten Bandung dan Kabupaten Bandung Barat.

Di tahun 2017, PLN Distribusi Jawa Barat berencana menambah akses listrik di 11 Kota/Kabupaten untuk 407 desa/kampung. Total anggaran Program Listrik Pedesaan di 2017 meningkat lebih dari dua kali lipat dari tahun 2016 menjadi sebesar Rp 196,1 miliar. Sampai dengan Maret 2017 penyerapan dari anggaran tersebut sebesar Rp 81,7 miliar. Rencana ini diperkuat dengan akan dibangunnya gardu 17 MVA, 291 kms jaringan tegangan menengah, serta 600 kms jaringan tegangan rendah.

Salah satu kendala terbesar yang ditemui di lapangan dalam mewujudkan Jabar Caang ini antara lain, akses yang sulit dijangkau mengakibatkan distribusi sejumlah material instalasi kelistrikan seperti tiang beton, gulungan kabel dan trafo listrik menjadi terhambat dan memakan waktu yang lebih lama. Selain itu, penanaman tiang beton juga terkendala oleh cuaca hujan yang seringkali melanda wilayah-wilayah pedesaan yang akan dialiri listrik. Bahkan terkadang akses jalan (infrastruktur) baru bisa dilalui tiga minggu setelah hujan mereda. (mk)

ads-small ads-small ads-small

Job Posting

No job posted

Oil Price

Exchange Rate

All Category