Energy

PLN Bangun Infrastruktur SKTT 150kV, Support Rencana Ekspansi Pelindo II

img title

Jakarta, petroenergy.id  - Untuk mendukung rencana PT Pelindo II (Persero) ekspansi Pelabuhan Tanjung Priok serta pembangunan Pelabuhan Baru di Kalibaru, PT PLN (Persero) membangun infrastruktur dengan membangun Saluran Kabel Tegangan Tinggi (SKTT) 150 kilo Volt (KV) Marunda, Kalibaru.

Pada acara doa bersama berkaiatan dengan peletakan batu pertama (groundbreaking) proyek sambngan SKTT 150kV Marunda – Kalibaru, Rabu (22/3), Direktur Bisnis Regional PLN Jawa Bagian Barat Murtaqi Syamsudin, mengatakan, ekspansi Pelabuhan Tanjung Priok dan pembangunan pelabuhan di Kalibaru membutuhkan listrik dengan total daya 300 Mega Volt Amper (MVA). Dengan demikian, secara bertahap PLN akan membangun infrstruktur SKTT 150kV Marunda Kalibaru.

"Pembangunan SKTT Marunda -Kalibaru memakan waktu 12 bukan. Jadi, kalau dihitung sejak pelaksanaan first boring (pengeboran pertama) maka diperkirakan selsai Maret 2018…dengan perkiraan waktu konstruksi sepuluh bulan hingga duabelas bualn," kata Murtaqi Syamsudin di lokasi Proyek SKTT 150kV Tanjung Priok, Jakarta, Rabu (22/3).

Menurutnya, pembangunan SKTT 150 kV Marunda Kalibaru ini, PLN membentangkan kabel sepanjang 6,2 kilometer (km). Kabel tersebut ditanam di bawah tanah dengan kedalaman 3 meter, biaya yang dibutuhkan untuk mengerjakan proyek tersebut mencapai Rp 239 miliar.

Pembangunan KTT 150 kV Marunda -Kalibaru ini, sebagai salah satu program peningkatan keandalan sub sistem Priok Bekasi. Karena , Gardu Induk (G1) 150 kV Marunda sekarang mendapatkan pasokan beban dan GI 150 kV Bekasi, dan GI 150 kV Pelindo dari GI 150 kV Priok.

Diharapkan dengan  beroperasinya SKTT 150 kV Marunda Kalibaru, untuk GI 150 kV Pelindo dan G1 1 50 kV Kalibaru dapat dimanuver untuk mendapatkan pasokan dari gardu induk lain, seandainya gardu induk yang memasok sebelumnya  mengalami pemadaman.

Pekerjaan SKTT 150 kV Marunda Kalibaru ini diharapkan dapat diselesaikan pada Desember 2017, sehingga akan dapat memberikan kontribusi positif dalam rangka mendukung kegiatan PT. Pelindo II (Persero) untuk ekspansi Pelabuhan Tanjung Priok dan Pelabuhan Kalibaru, Di samping itu, juga dapat meningkatkan kinerja dan pelayanan PLN kepada seluruh pelanggan.

Sementara, GM PLN UIP V, Robert Aprianto Purba, mengatakan, material proyek SKTT 150kV Marunda – Kalibaru berupa kabel 150kV XLPE Cu 1x1200mm, ini menggunakan produksi dalam negeri. “Kandungan lokalnya 84 persen,” kata Robert.

Robert menjelasan, kabel tegangan tinggi 150kV yang dipakai dalam proyek SKTT Marunda, Kalibaru, diproduksi oleh PT Kabel Metal Indonesia Wire & Cable Tbk. Sedangkan, pelaksana konstruksi, PT Karya Mitra Nugraha. Proyek ini merupakan bagian dari capaian proyek 35 ribu MW. (mk)

ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small

Job Posting

No job posted

Oil Price

Exchange Rate

All Category