Energy

PLN Listriki Desa di Tanah Laut dan Barito Kuala  

img title

Kalselteng, petroenergy.id - PLN Wilayah Kalimantan Selatan dan Kalimantan Tengah (PLN Kalselteng) tidak mengendurkan gas untuk terus ngebut melistriki desa-desa yang belum berlistrik. Setelah minggu sebelumnya sukses melistriki 8 desa di Kabupaten Tanah Laut dan 6 desa di Kabupaten Barito Kuala, kali ini bertambah 1 desa lagi yang dilistriki.

Desa Sardangan, Kecamatan Kusan Hilir, Kabupaten Tanah Bumbu yang terletak 18 km dari kota Batulicin menjadi desa ke-15 yang berhasil dilistriki oleh PLN dalam bulan ini. Kebahagiaanpun dirasakan Wakil Bupati Tanah Bumbu H. Sudian Noor pada saat meresmikan penyalaan listrik pertama kali di desa tersebut pada Kamis (15/12).

Sudian Noor mengucapkan terima kasih kepada PLN atas komitmen dan kerja kerasnya dalam membangun infrastruktur kelistrikan di desa Sardangan, sehingga saat ini masyarakat dapat menikmati listrik.

"Bahagia dan tentunya senang, dengan masuknya listrik dari PLN tentunya akan dapat meningkatkan taraf hidup dan perekonomian masyarakat" ujarnya. 

Hal yang sama dirasakan pula oleh Kepala Desa Sardangan Andi Tanda, dengan penuh emosional ia menyampaikan rasa syukur karena PLN telah mewujudkan impian dan harapan masyarakat yang sudah menantikan listrik selama 69 tahun.

"Maaf kalau saya harus menitikkan air mata, ini merupakan perwujudan rasa syukur atas segala harapan dan penantian panjang kami selama ini, terima kasih PLN" ujarnya berkaca-kaca.

Manajer Niaga PLN Kalselteng M Aries menyampaikan bahwa PLN menggelontorkan investasi lebih dari 4,3 miliar untuk membangun Jaringan Tengangan Menengah (JTM) sepanjang 11,6 kilo meter sirkuit (kms), Jaringan Tegangan Rendah (JTR) sepanjang 2,5 kms, 2 buah Trafo dengan kapasitas 100 kilo Volt Ampere (kVA) dan 50 kVA. 

Lebih lanjut ia pun mengakui walaupun medan menuju desa sangat sulit karena harus melalui perkebunan sawit dan karet ditambah harus menggunakan kapal ketinting untuk menuju lokasi, tidak menyurutkan petugas PLN untuk mewujudkan kehadiran listrik bagi masyarakat desa Sardangan.

"Kami mohon agar seluruh lapisan masyarakat dapat menjaga kehandalan aliran listrik dengan cara memangkas pohon yang hampir menyentuh jaringan listrik. Kesadaran untuk memangkas pohon yang tumbuh di dekat jaringan juga bermanfaat untuk keselamatan bersama" pungkasnya. (mk)

 

 

 

ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small ads-small

Job Posting

No job posted

Oil Price

Exchange Rate

All Category